Nokia Asha 501

Gue akan sedikit mengulas Handphone yang sekarang jadi pegangan gue sekarang, karena ini handphone yang sedikit aneh, unik dan gue udah suka pada pandangan pertama, at least gue ga akan ceritain gimana HP gue yang dulu pada kemana (baca: missing). Jadi Gue segera beli buat komunikasi daripada gak ada hp.

Nokia Asha 501 ini udah gue incer sejak pertama kali keluar, dan gue nungguin banget datangnya dulu, pertama gue mengharapkan edisi yang single sim yang akan masuk ke indonesia. Hiks! Akhirnya yang sekarang gue pegang adalah edisi dual sim warna merah yang gue beli seken dikonter di malang. Lumayan harganya dibawah setengah harga baru waktu gue dapetnya.

Kenapa Gue langsung jatuh hati pada pandangan pertama pada hp ini?

Pertamanya sih, gue seneng liat sistem operasi yang dipake sama nokia sejak jaman dulu, keluaran masih symbian. Akhirnya gue cari-cari infonya sampe gue baca dan nonton video youtube tentang nokia N9 yang udah pake sistem operasi MeeGo, yang gue suka banget user interfacenya dan cara makenya yang tinggal di swipe2 doang. Sampe gue pantengin juga berita tentang nokia N9 yang di transformasi sistemnya ke Android!! What the hell, tambah pinter aja orang-orang.. Ini terjadi sebelum Nokia menggunakan sistem Android dan Nokia X belum keluar waktu itu. Otomatis gue girang gak ketulungan~

Kedua gue suka banget sama  hp yang baterenya awet, setelah gue baca-baca batere nokia asha 501 ini tahan dipake full aktif sampe 17 jam (talktime) dan kalo stanby bisa sampe sebulanan lah. Otomatis gue setengah skeptis langsung sih, tapi setelah gue cari infonya lagi, gue semakin yakin!

Ketiga, Karena Kebutuhan yang emang gak terlalu dashsyat dan game-game gue kesampingin karena emang gue butuh buat komunikasi doang! But, yang gue dapet ternyata HP ini diluar ekspektasi gue. Walaupun kalo dibandingin sama spesifikasi hape android dan iphone sekarang HP ini kalah jauh. Tapi diluar itu gue sadar akan kelebihan HP ini dibandingin yang lainnya. So, Kalo lo pengen punya HP kedua menggantikan HP kecil lo itu, lo bisa nyobain nih hp.


Fitur yang gue suka!
1. MixRadio
Gue suka denger lagu, sejak gue kenal sama situs Last.FM, dan gue suka nyanyi-nyanyi sendiri depan laptop sambil liat liriknya keluar lewat program minilyric. Dengan Hp ini gue sedikit terpuaskan, karena gue bisa streaming musik yang gue suka dan gue bisa liat info penyanyinya mulai dari isi twitter, rekomendasi penyanyi yang mirip (similar), dan gue bisa nyimpen offline lagunya.




Buat Aplikasi pemutar musik bawaannya udah Ok banget kok menurut gue, karena mudah buat dipake dan nyari lagu kita asal metadata lagunya lengkap aja, jangan sampe ada yang kebaca track1, track2,
Dan gue salut sama suaranya yang cukup lumayan lah gak malu-maluin, Nostalgia sama XpressMusic.

2. Glance Screen

Ini yang simpel dan cukup menarik hati gue, Layarnya mati dan backlightnya juga mati tapi kita masih bisa liat jam digitalnya yang menyala lebih terang, dan ketika gue cek di gelap, cahaya background tetep ada dari arah bawah tapi kayaknya dikhususkan untuk nerangin layar dalam deh.

3. Brightness
Entah kenapa gue liat hape ini layar backlightnya bisa mirip laptop gue dulu, backlightnya bisa di mentokin habis rata kiri dan efeknya backlightnya kayak mati tapi kita masih bisa lihat layarnya dengan jelas. tapi ini kalo kondisi ruangan. bukan di luar ruangan yang kena cahaya matahari.
Cocok nih buat baca, serasa pake e-ink.. hahaha


4. Fast EDGE and Smart WiFi
Gue juga sangat penasaran tentang koneksinya yang cuma EDGE ini bisa lumayan bikin gue gak teriak dan pengen ngelempar ni hape. Browser bawaannya Xpress Browser ini menggunakan sistem kompresi data yang bikin kita akses internet lebih cepat di hape ini. Yang gue salut, ini hape bisa muter Youtube. walaupun kualitas paling rendah deh kayaknya yang ditampilin. Buffering? Nggak patah-patah mulu kok, sesekali doang dan bahkan gak ada buffering kalo jaringan operator kita full.

Salah satu pelengkap kekurangannya adalah WiFi yang bisa kita pakai untuk menggantikan paket data kita untuk ber internet ria. Kekurangannya cuma ada pada jangkauan yang relatif gak bisa jauh waktu gue make, dan agak ribet kayaknya kalo pake WiFi yang mengharuskan kita login username dan password di halaman webnya.

* Update: Sekarang Default Browser buat Asha 501 ini udah disuruh update terbaru, dan berita buruknya kita tidak bisa menggunakan Nokia XpressBrowser lagi, namun digantikan oleh OperaMini. So, Kita tetep bisa streaming dari youtube kok. 
Masalah Kecepatan dan Fungsi, gue rasa OperaMini banyak kelebihannya kok dibandingin XpressBrowser, jadi ya Gue fine-fine aja kalo Microsoft nge-ganti default Browser Asha 501 ini.


5. Social Media and Email Push Notification
Kerennya ini hape bisa push notifikasi yang baru realtime mulai dari facebook, twitter, yahoo, gmail, LINE, WeChat, Whatsapp, KakaoTalk, LinkedIn, Nimbuzz, Lumayan deh! sayangnya lo gak bisa semau lo aktifin semuanya. jadi pilih yang mana yang dipake aja yang diaktifin, ntar dia ngadat kehabisan ram.



*Update: Push Notification masih bisa bekerja, cuman untuk OneDrive dan Twitter untuk singkronisasi dengan aplikasi Account bawaan, kayaknya ada yang perlu dibenerin sama Microsoft deh. Beramal dikit kek sama yang gunain hape ini. Masak Supportnya mau dibuang gitu aja.




6. App Switching for MultiTasking
Hp ini semi-multitasking, kenapa? hanya aplikasi tertentu yang bisa di minimize. yang lain bakal ke close langsung. Yang bisa di minimize dan cepat dipake balik itu cuma applikasi sosmed sama aplikasi chatting semacam Line, WeChat, WhatsApp, dkk. Nge-Close Aplikasi apapun cuma di geser ke kanan atau kekiri layarnya. dan responnya lumayan cepat kok.
Referensi : Buat Nokia Asha 501 Bisa Minimize Aplikasi apa saja


7. Counter Data Usage 
Rekama pemakaian paket data dari SIM 1 dan SIM 2 lengkap ditampilkan mulai dari Telpon, SMS, MMS dan paket data yang udah terpakai. Aplikasi bawaan ini juga bisa membatasi pemakaian data kita agar tidak melebihi kuota yang kita miliki. Jadi saat kuota yang kita setting sudah terpakai semua, kita akan diberitahu untuk melanjutkan atau stop.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Advanced User ONLY
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gue udah melakukan sedikit modifikasi dengan Nokia Asha ini.
Platformnya gue Update menggunakan Nokia Software Updater untuk mendapatkan Firmware Terbarunya yang versi 14.0.6 (gue update tanggal 10 Mei 2015)

Aplikasi yang gue dapet dan perlu untuk dimasukkan di Asha 501

HackTools , System Digger, dll Berguna buat mengapus aplikasi demo bawaan yang gak bisa dihapus. Setelah Menghapus File installan JAR dan JAD-nya di systemnya silahkan Ketik *#7370# untuk mengembalikan ke setting semula. (Harap BACKUP dulu sebelum melakukan ini)
referensi:ROOT Asha501tips 



Task Manager PRO v.4.0 > Aplikasi ini berguna buat munculin taskmanager yang gak ada tombol ataupun icon buat munculin taskmanagernya kalo udah kepenuhan. Karena sistemnya diprogram kalo Ramnya udah kepenuhan baru taskmanagernya tampil. Dan inilah gunanya aplikasinya, gausah nunggu penuh dulu, bisa nge kill aplikasi yang berjalan sebelum kepenuhan ramnya
referensi: TaskManagerPro Asha501tips 



Albite Reader HD 2.2 >  Gue suka baca buku, dan rata-rata ebook gue berformat EPUB dan berbahasa inggris, jadi gue pake aplikasi ini buat bacanya. Lumayan enak buat baca, apalagi dengan brightness yang dimentokin ke kiri, berasa pake ebook reader yang e-ink. Gak sakit mata udah gue coba buat setengah harian gue pake baca.
referensi : Download Albite Epub Reader 2.2 HD for Java (J2ME) Phone

Albite Reader HD 2.2


Kamus Lengkap PRO 5.0 > Nerjemahin dari EN-ID dan sebaliknya, aplikasi kamus ini lumayan enak buat dipake, gue suka karena ini buatan indonesia jadi kata-katanya lebih masuk akal kalo ditranslate.

Dictionary 3.1 by Vikrant > Kamus Mono-Lingual buat gue mengenal kata-kata baru dalam bahasa inggris yang gue gak paham artinya. Seperti Kamus Advanced Learner lainnya, sebuah kata dijelaskan dalam sebuah kalimat yang mudah dipahami artinya.

UCWebBrowser, OperaMini, FacebookApp > Gue juga pake aplikasi ini buat browsing karena memang selalu aja ada fitur yang gak ada di browser bawaan. dan juga karena HP ini gak bisa screenshoot layar saat di browser, makanya gue cari versi yang ada tombol kameranya dipojokan layar. jadi semacam aplikasi modif.
referensi : Asha501 Must Have Screenshooter

Nokia Asha Motion > Aplikasi unik buat bikin wallpaper, caranya tinggal dipake, trus guncangin hapenya dan layarnya akan mengubah bentuk dan warna objek didalamnya yang bisa kita capture dengan menyentuh layar.
referensi : Download Asha Motion 

Asha Motion App




KESIMPULAN GUE !

1. EXCELLENT for Reading eBooks with EPUB Format
2. GOOD for Listening Music all day long
3. FINE for Browsing and Chatting
4. BEST for everyday.

------------------------------------      <<<   PENTING    >>>      -------------------------------------
Soal Support dari Nokia setelah diakuisisi Microsoft bisa dibilang jangan diharapkan!
Aplikasi Account untuk singkronisasi OneDrive dan Twitter tidak bisa digunakan lagi sebelum ada perbaikan dari Nokia ataupun Twitter.

Update: Account singkronisasi twitternya udah works lagi.. gue ga tau kenapa, mungkin karena banyak yang komplen ke forum diskusi-nya jadi dibenerin deh itu, btw gue masih belom bisa make onedrive sih. Anyway, sepertinya masih ada support akhirnya, thanks Microsoft. But keep its in your mind, Nokia have small battery and its last longer than any brand.