Saat ini belajar secara interaktif di internet dapat dilakukan dengan bertambah mudah, dan bahkan sertifikasi keahlian bisa didapat lewat tes online. Mempelajari sesuatu bisa saja dengan mengunjungi situs-situs tutorial dan video. Tetapi adakah bukti anda mempelajarinya?


Ketika kita belajar dari SD hingga Perguruan Tinggi, yang akan dilihat saat kita melamar sebuah pekerjaan adalah Curriculum Vitae, yang akan menjelaskan pendidikan serta keahlian. Bukti pendidikan dan keahlian kita sertakan juga seperti ijazah dan sertifikat lainnya yang mendukung, itulah yang pertama dilihat dan bahkan dijadikan seleksi tahap pertama. Ketika bukti pertama diterima, maka kita akan diberikan sebuah tes untuk menguji kebenaran dari bukti pertama yaitu pendidikan dan keahlian. Tentu saja praktek nyata ataupun hanya sekedar diberi sebuah kasus dan kamu disuruh menyelesaikannya.



Tapi apa indikator penerimaannya tentang bukti dokumen pendidikan dan keahlian kita?
Sertifikasi online sudah banyak kok, ini listnya .

Sertifikasi Keahlian dengan tes online ini ada yang gratis dan bayar. Untungnya ketika kita mendaftar pada sertifikasi yang terkenal dan terpercaya kita akan mendapatkan poin plus!
Contoh : Tes TOEFL,  Cisco CCNA, dll

Gue cukup mengerti kenapa desainer dan fotografer memberikan portofolio berupa galeri karya yang dia buat dalam bentuk web ataupun buku. Karena jelas, karya mereka yang mereka pernah buat bisa langsung ditunjukkan hasilnya.

***

Belajar adalah aktivitas wajib yang dilakukan! Betul, dimanapun dan kapanpun kita harus terus belajar. Apapun yang kita pelajari tentu saja jangan asal, paling tidak bermanfaat untuk dirimu sendiri.

***

CodeAcademy
Learn Web Developer Skills, Language Programming, dan API








Gue baca di halaman aboutnya, codeacademy ini terinspirasi oleh facebook dan zynga, udah kebayang kan? Gimana codeacademy membentuk situs belajar yang interaksinya seperti facebook dan zynga (terkenal dengan game poker, farmville, mafiawars, dll). Gue membayangkan facebook yang menghubungkan manusia dan zynga yang memberikan game dengan tampilan unik yang membuat kita hanya tinggal klik dan klik. Di CodeAcademy kita akan diberikan



Skill yang gue ambil saat ini Make a Website yang mempelajari mulai dari html dan css, belajarnya juga cukup mudah kok, instruksinya jelas dan ada petunjuk (baca:hints) kalo kita stuck! Kita gak langsung disuruh bikin website langsung jadi, ada tahapan dalam pembuatan elemen-elemennya dan fungsi setiap elemen yang dipakai dijelasin dan diberikan live preview, jadi perubahan kodenya akan langsung terlihat. Pernah pake CodePen.io ? Interfacenya hampir sama.

Yang gue salut dari codepen ini, adalah sistem User Interfacenya (UI) dan User Experience (UX) di situsnya gampang dipahamin. Jadi untuk urusan belajar online cukup modal akses internet doang lah ya.



***

Gimana Keren kan, gue jadi nambah semangat buat template khusus blog gue. walaupun gak jadi-jadi. Asiknya di codeacademy ini ada achievement badge yang bisa kita dapat setelah kita melakukan pembelajaran disana. Ini mengingatkan gue ketika lagi main game, gue dapat gelar! :P


So, bagi kalian bermanfaat gak sih situs belajar onlen gini ?,



Pengalaman gue yang lagi belajar koding dari codecademy :

*Update : 29 Agustus 2015
Gue udah nyelesaikan 2 Skill, Make Website sama Learn the Command Line , yang gue rasakan sih sebenernya gak susah karena emang gue ada basic sedikit dan gue banyak belajar dulu tentang fungsi-fungsi tag, kalo command line sih gue udah belajar dari smp malahan!

*Update : 01 September 2015
Gue udah nyelesaikan 1 Skill lagi, yaitu Language HTML & CSS, sumpah yang ini gue ngerjainnya mode maleesss, gue serasa bosan gak ketulungan, jadi ini gue cicil 3 hari. Gue ambil skill ini emang buat belajar dari awal, biar bisa ngelanjutin ke skill-skill selanjutnya, yang masih berhubungan sama Web Developer, biarpun gue bukan mahasiswa Informatika ataupun Ilmu Komputer gue yakin bisa kok, walaupun kelancarannya emang masih diragukan.. hahaha

*


Catatan:
Minimal sebelum lo terjun langsung, sediakan kamus atau google translate aja sekalian situsnya, dan kayaknya untuk lebih nyaman dan cepet harus punya pengalaman, minimal pernah baca-baca dan coba-coba yang kamu pelajarin. Karena ini berhadapan dengan layar monitor doang, yang gue dapetin cuma UI sama UX websitenya, untuk pembelajaran dengan sensasi seperti di sekolah ataupun kuliahan kayaknya masih belum yah. Cuman ya ini tergantung kita, kalau mau belajar pasti bisa kok, apalagi kita gak dituntut harus cepet-cepet, seloww aja belajarnya.. di ulangin lagi juga bisa. Gue juga nyiapin buku catetan, karena lebih mudah ingat kalo apa yang pengen gue ingat itu ditulis dan sedikit ilustrasi ancur gue.


Banyak sih beredar juga artikel yang bilang 70% pengguna CodeAcademy tidak menuntaskan skill yang diambilnya, why? Mungkin sekali sentuh dia sudah jago, atau dia sudah lelah! :P




Untuk Informasi Online Learning Selain diatas bisa cek dibawah.
TOP 50 Online Learning
25 Killer Sites For Free Online Education

Bahkan yang diterapkan di Indonesia ada juga sebagai media pembantu untuk komunikasi antara guru dan murid, contohnya QuipperSchool, Edmodo

----------------------------------------

Update: 2 Oktober 2015

Treehouse & Udemy

Btw gue juga habis browsing, untuk belajar kode-kode pemrograman seperti codecademy ada juga yang nyediakan semacam kursus gitu, jadi kita selain dituntun lewat interface websitenya, juga dikasih file latihan dan video interaktif yang bikin kita bisa belajar lebih enak lagi.  Yang gue temuin ada dua, Treehouse dan Udemy, dua-duanya bagus sih, tapi sementara kalo lo masih beginner alias cupu banget gatau apa-apa, lebih baik lo mulai di treehouse trus ke udemy untuk mengasah skill selanjutnya. Tapi ya gitu, segala kemudahan yang kamu dapet ini gak gratis di treehouse dan udemy, walaupun ada juga course yang gratis di udemy. but, kalo lo pengen nyobain, treehouse nyediakan free trial buat akses seluruh videonya.

-------------------------------------------

Duolingo

Pengen belajar bahasa inggris yang santai, nyaman dan fun seperti main game bisa lo dapetin di duolingo. Lo bisa akses duolingo ini untuk belajar bahasa asing cukup dengan akses ke websitenya atau install aplikasinya di smartphone lo. Udah gue cobain sih, impresi gue pertama makenya sih seru banget, bahkan gue keterusan. Salahnya gue itu ketika gue belajar dari awaaal banget, jadi ya bosen sendiri. Tapi misalkan lo pengen cepet lo bisa kumpulin lingot ataupun ambil tes langsung biar bisa loncat kelas.  Kalo udah lo cobain silahkan add gue