Seo is like a book and search engine as a library


Sesuai namanya, Search Engine Optimization (SEO) adalah cara kita untuk mendapatkan perhatian pada search engine (baca: google, bing, yahoo search, yandex, dll), tentunya menurut gue caranya cukup simpel. Analogi yang gue pake, situs mirip sama buku dan perpustakaan adalah search engine.

1. Pahamin Bagaimana Search Engine Bekerja.
2. Ikuti Aturan Resmi dari penyedia layanan Search Engine.
3. Aplikasikan itu ke Website/Blog.

Search Engine sudah punya algoritma sendiri untuk menentukan dimana letak situs kita nantinya, jadi coba bayangkan dengan search engine sebagai sebuah perpustakaan. Di dalam sebuah perpustakaan ada banyak elemen lainnya seperti buku, rak, dan layanan librarian.

Kenapa kalian cukup mudah untuk menemukan buku yang kalian cari di sebuah perpustakaan? 
Bukankah bukunya memang sudah tertata rapi berdasarkan sistem klasifikasinya. dan letak raknya pun diberi tanda nomor khusus, bahkan tidak jarang raknya pun diberi sebuah kode khusus. Kalian ibaratkan saja alamat web/blog kalian sebagai sebuah buku, apa aja elemen yang ada didalam buku untuk memudahkan librarian menata buku kalian pada tempat yang tepat?

1. Judul Buku
2. Penulis
3. Tanggal Terbit
4. Nama Penerbit
5. Tipe Buku
6. Sinopsis
7. Design Cover atau Sampul
8. ISBN
7.  ...dan lain sebagainya

Bedanya Web dan Blog Berkualitas?
Kalian sudah tahu kan, bagaimana dan apa yang membedakan buku biasa dan buku best seller?
apa yang berbeda? kualitas isinya ! memang, konten adalah hal paling utama yang paling berpengaruh menurut gue. Buku yang berkualitas paham, kalau elemen yang ada dalam sebuah "buku" itu penting untuk memudahkan bukunya tampil di tempat yang tepat, dan bahkan mendapat tempat yang tepat dalam sebuah rak penjualan di toko buku. So, biarpun punya konten yang bagus tanpa adanya elemen untuk mengenalinya bakalan percuma.


Caranya ?
Kenapa kita tidak sekalian saja membantu search engine, agar web/blog kita bisa ditampilkan sesuai dengan kehendak kita di search engine?

1. Masukkan Sitemap ke Search Engine dan Sesuaikan Metadata.
Cara cepatnya kita bisa submit sitemap web/blog kita agar terindex lebih cepat bila kita mengupdate sebuah artikel. Memberikan "meta deskripsi" yang terstruktur sesuai tipe web/blog berdasarkan aturan dari search engine. (link di akhir post). Mulai dari judul, slogan, deskripsi, daftar kata-kunci (baca: meta tag/ meta keywords).

Ada juga kelengkapan lain, seperti favicon, webicon, yang akan ditampilkan sesuai resolusinya di tiap devices yang mengakses web/blog kita, cara termudah bisa didapatkan di halaman dokumentasi Apple Safari, Mozilla Firefox, Google Chrome, untuk mengetahui elemen-elemen dalam tiap browser yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Dalam memasukkan gambar juga begitu, masukkan title, dan alt name, bahkan captionnya juga, gak jarang soalnya pembaca web/blog kita datang lewat pencarian gambar yang ada di search engine.

2. Tren Sosial Media
Sosial media bisa jadi merupakan tempat kita dan tempat pembaca untuk saling memberikan dan sharing informasi. Jadi tampilan waktu web/blog kita dishare akan menjadi lebih baik lagi, jadi cara terbaik adalah membaca tentang aturan di masing-masing sosial media, misalnya facebook, twitter, google plus, dan standar nasional tag sosmed lainnya.

Sumber : Moz ( ini caption loh haha)



3. Mempercepat Loading Web & Blog
Mulai dari berat atau enggaknya bisa kalian coba cek di GTmetrix & Google PageSpeed Insights, jadi bisa dilihat yang mana bagian yang perlu diperbaiki. Ada banyak banget faktor yang berpengaruh dalam cepat atau enggaknya web/blog kita di load oleh browser. Untuk Mengatasinya juga silahkan lihat halaman about Google PageSpeed Insights, disitu dijelasin juga tentang renderblocking akibat kode yang diletakkan di luar web atau blog, jadi ketika browser sedang loading, akan lebih mengutamakan tampilan utama, sehingga browser akan berhenti sebentar ketika ada link eksternal baik itu CSS ataupun Javascript yang akan diload setelahnya.

Tapi karena gue cuma punya domain doang, gak punya hosting karena masih pake blogger, jadi gue manfaatin tuh layanan CDN Cloudflare buat jQuery sama plugin javascript lainnya yang nempel di template blog gue, soal signifikan atau enggak, gue rasa kodenya bakalan aman dari expired, dan layanan kecepatan download data dari cloudflare gue rasa lebih cepet deh, walaupun sebenernya kodenya ditaroh dalam blog juga bisa. Yah! Otak gratisan deh gue. haha

Nah soal Gambar, ini masih jadi masalah utama? setiap pembaca pengen banget ngeliat gambar yang vivid, detail dan jelas, tapi itu semua masalah sama sizenya, semakin besar resolusinya maka semakin lama juga load web/blog kita. Tapi ada cara khusus untuk hal ini, kalo gambar lo itu lo buat sendiri pake program vektor macam CorelDraw atau Adobe Illustrator mendingan lo simpen ke SVG, karena ini emang gambarnya sizenya kecil tapi mau diperbesar sampe otak lo meledak juga masih sanggup. Cara lainnya sih, dengan memisahkan gambar kecil dan gambar besar, tapi ini repot maksimal! Cara paling mudah ya gue kompress gambarnya dengan kualitas resolusi yang sama dan size yang kecil, emang bisa? lo google coba...

Update : 2 November 2015
Lebih baik lo baca sendiri : Kenapa membuat pengunjung menunggu itu jadi hal buruk?
Salah satunya yang gue temuin dalam membuat web jadi cepet itu emang optimasi kodenya, dan bagaimana browser ngebacanya, jadi ada script loader yang bisa bikin web/blog kita jadi cepet, salah satunya dengan menggunakan caranya menggunakan web font yang benar.


4. Meningkatkan Kepercayaan dan Keamanan Web & Blog
Darimana juga gue bisa menentukan keamanan dan kepercayaan tentang blog gue, tapi bicara soal search engine, Web/Blog yang punya tingkat keamanan yang terjamin akan lebih mendapatkan prioritas dalam pencarian. Yang pertama adalah HTTPS, dan Keamanan situs dari kode-kode berbahaya, jadi yang tau itu kira-kira tukang antivirus, jadi bergurulah kepada McAfee Site Advisor, Norton Safe Web, WoT (Web of Trust) , dll.  Mengenai HTTPS bagi kalian semua yang masih gunain domain blogspot, silahkan aktifkan fiturnya di Dashboard, tapi jangan lupa, di template kalian hapus semua tulisan link yang ada http titik dua (http:) sisain // itu aja. Dan juga bagi yang udah punya domain TLD sendiri, gue udah nyobain layanannya punya si Cloudflare, jadi gue daftar disitu, dan ganti nameserver gue yang ada di idwebhost (ini tempat gue beli domain.) dan atur SSL-nya jadi Flexible. rasanya ada gue jelasin di postingan gue yang ini.

Thats All Folks!
Menurut gue dua poin dari cara diatas aja sudah lebih dari cukup untuk membantu web/blog kita jadi meningkat prioritasnya dimata search engine, dan lagian tampilan disosmednya lebih keren dan menarik buat pembaca.

Ada banyak sih optimasi tentag SEO, Lo bisa mulai baca aturan di halaman developer search enginenya. yang udah gue kasih tau dibawah blog ini. Lebih lengkap disitu, lagian nanti blog gue jadi blog tutorial gak jelas gitu. haha.. Disana bakal lo temuin cara-cara menambahkan breadcrumbs, Sitelinks, bahkan foto penulis artikel yang ditampilkan di halaman search engine?

Kalo soal optimasi web/blog ke pembacanya, gue rasa cuma desain dan konten yang paling berperan, jadi ya tingkatin interaksi web/blog (belajar: user interface & user experience design), sama cara nulis kalian. Jadi belajar ke situs-situs berita atau blog terkenal juga akan memicu lo untuk terus bikin postingan yang bagus.






Analisis SEO ?
Sebagai pemilik sebuah buku (baca: website atau blog) tentu sebenarnya menginginkan statistik siapa saja yang membaca buku kita, darimanakah mereka menemukan web/blog kita, dll? Intinya kita penasaran tentang apa yang terjadi dengan buku kita setelah kita serahkan ke perpustakaan ataupun toko-buku. bahkan rumitnya kita juga ingin tahu bagaimana pembaca buku kita bereaksi.
Ada banyak layanan untuk memudahkan kita untuk mengetahui hal ini, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar sekalipun. analisis nya bisa memakai Google WebDeveloper, Analytics, Ahref, dll.

Bahkan kita juga bisa mengetahui peringkat kita dimata dunia dan di negara kita, walaupun ada berbagai macam peringkat, ada beberapa peringkat atau ranking yang biasa digunakan sebagai acuan, yaitu Google PageRank, Alexa, Dmoz dll.

Sebuah buku yang sukses menjadi best seller ataupun menjadi buku yang punya banyak pembaca ini tidak lepas dari pemasaran (baca: "marketing") yang juga berperan, ada banyak definisi yang rumit tentang hal ini, jadi kalau sebuah buku memiliki tampilan yang bagus sampul dan covernya, disertai daftar isi yang lengkap, bahkan catatan kaki, dan daftar isi, gue rasa buku itu layak. Bahkan ada juga buku yang mengikuti tren masa kini untuk mendapatkan pembacanya.

Kalau diterapkan di web/blog kita bisa melihat kata-kunci yang sering digunakan lewat Google Trends, atau mengincar kata-kunci yang sedikit pesaingnya dengan Google Keyword Planner,

Penting gak sih?
Menurut gue, siapa sih yang pengen punya buku yang tertata di rak dengan rapi, buku yang lengkap elemennya, dan bukan buku dengan sampul yang polos doang, gak ada judul, deskripsi, sinopsis, dll.
Intinya kalo gue yang ngatur itu buku di rak, gue sendiri juga bakal bingung. So, kamu pengen search engine jadi bingung ngeliat web/blog kalian?


Cheers!


Pingin Coba, Baca?
1. Google Developer Web ( Products , Structured Data )
2. Schema.Org (Organization of SchemaMicrodata Documentation, )
3. W3.Org ( MarkUp Validator , Standard of Website Dev )
4. Web Hypertext Application Technology Working Group (Community that evolving Web)
5. Moz.com (Social MetaTag )
6. Open Graph Protocol ( Web Metadata )
7. Adwords ( Show Additional Sitelink under you Ads)
8. Metatags.com ( Secrets of Search Engine )