Sebuah film yang inspiratif, kaya akan pesan dan pemikiran yang revolusioner! haha, gue lebay, gue yakin sih, kemaren gue nontonin film ini tanpa liat cover/poster filmnya duluan, gue baca judulnya doang "Chloe and Theo", dari judulnya gue udah bisa mengira filmnya bakalan rame, hmm..
Semakin penasaran gue juga nyari cover/visual dari judulnya, gue sedikit kecewa dengan covernya, gak kekinian! haha

Ceritanya memang unik, gak bikin sedih kayak inside out sih, :D
Ceritanya berkutat disekitar kehidupan seorang lelaki tua dari kutub utara, yang dalam cerita dia meninggalkan tempat tinggalnya untuk sebuah amanah dari para sesepuhnya. Amanah apa? Dia diberikan sebuah pesan yang mengandung sejarah, kehidupannya, dan bahkan sebuah pesan tentang peringatan akhir sebuah dunia.  Cerita yang turun-temurun disampaikan secara lisan oleh sesepuhnya inilah yang menjadi ujung tombak cerita, yang membuat gue terketuk untuk sekedar membuat sebuah tulisan tentang ini.

Demi menyampaikan pesannya kepada pemimpin dunia, itulah tujuannya. Itu gue ketahui setelah adegan demi adegan gue perhatikan. Setelah dia sampai di New York!
Why New York? *just watch*

Seperti film pada umumnya, lelaki tua ini bertemu dengan gadis muda yang telah hidup lama dijalanan. Chloe itulah namanya, dia menyelamatkan nya dari sebuah ketidakberuntungan menjadi seorang turis yang  berada dijalanan. Turis yang datang kesuatu tempat tidak jarang memandang keatas, dan mengajukan jutaan pertanyaan kosong dalam otaknya.

Why Chloe save this man's life? It's just a movie you know..
Chloe memang punya hati yang baik didalamnya, memandu lelaki tua itu, mendengarkan ceritanya, seolah dia menempatkan dirinya didalam lelaki tua itu, ehm itukah empati?

Theo! The North Man, from the Arctic!
Tanpa takut, bahkan mengeluh tentang "culture shock", tanpa mengetahui siapa sebenarnya yang harus dia temui di New York, dia tetap berjalan, awalnya di sendirian, kemudian bertemu Chloe, Tyler, Mr. Sweet, dan selanjutnya bisa kalian saksikan sendiri. Dia menyesuaikan dirinya untuk tetap hidup di New York, menyerap segala hal yang mampu dia serap, dan mengingat dia diajarkan untuk hidup dan lebih kuat sabagai sebuah kelompok, ketika dia sendirian, ia harus meminta bantuan.

Connect with Nature!
Connect with People!
Adapt!

Theo, menganggap penduduk selain tempat tinggalnya adalah orang selatan.
dan gue rasa banyak persepsi lo akan berubah setelah lo mendengar cerita Theo!
Menurut Theo, orang-orang selatan ini perlahan mengikis awan, menyembunyikan bumi dari terik matahari, membuat matahari tidak lagi bisa melihat bumi, dan bahkan matahari tidak bisa melihat orang-orang lagi. Membuat Matahari menjadi marah! itulah cerita legenda matahari yang disampaikan Theo.

Apakah usaha Theo menyampaikan pesannya ini berjalan mulus? Gak men... ini pemanis cerita.
Theo memang sempat berpikir untuk putus asa, tapi ia selalu kembali ke jalannya, dan banyak yang membantunya adalah orang-orang yang dia temui. Bahkan tokoh paling jarang keluar, juga membantu Theo meluruskan kembali pikirannya.

Gue juga teringat pembicaraanya dengan Monica, ketika dia ditanya tentang ceritanya..
"What Message?"

Pemimpin mu tidak memiliki kekuatan untuk mengubah apapun!
Televisimu memiliki kekuatan yang nyata..
Mereka memaksamu untuk membeli hal yang tak kau perlukan, dan apapun yang tidak berharga.
Mereka bilang padamu untuk mengendari mobil yang bahkan tidak bisa bergerak, karena orang lain juga banyak menggunakannya, disetiap sudut kota tidak ada udara bersih!
Ketika mereka mengejek penampilanmu itu mempengaruhi kebahagiaanmu.
Apa yang pemimpinmu dapat lakukan dengan alam ini?
Ketika ini sangat merusaknya, dimana kau tinggal nanti, sementara terus mengkonsumsinya, melahapnya dan menyiakannya tanpa pernah puas hingga tidak ada lagi yang tersisa.



Gue lupa kapan gue nonton Bruce Lee, tapi di film ini Chloe yang jadi fansnya BruceLee, mengatakan banyak hal kata-kata BruceLee yang pantas gue ingat.

Dan yang menjadi penutupnya,

Don't Think, FEEL!  Ini seperti jari yang menunjuk bulan,jangan berkonsentrasi pada jari, atau kau akan kehilangan semua kemuliaan surgawi- Bruce Lee

Tonton deh!


Masih penasaran? mending lo tonton Trailernya duluan..