Gue belakangan jadi jarang nonton, udah ketinggalan kereta, entah bosen banget!
Jadi yang masih gue lakuin disela waktu kebanyakan cuma baca doang. karena emang tumpukan bacaannya udah lama. Sekalian, gue inget perpanjang ini domain blog, sekali gue buka gue kaget, stat di dasboardnya yang bulanan udah kayak grafik rumah sakit, ato bisa dibilang grafik gempa aja kalah, statistiknya aneh, gue tinggal malah banyak yang ngunjungin. Aneh juga...
Lagian setelah gue liat trafiknya, gue jadi berpikir 180 derajat ngubah tampilan blog. T.T


Gue mencari-cari sebutan khusus untuk genre ini, yang dimana isinya termasuk buku cerita ataupun novel baik dari yang dari Asia ataupun selain asia. Gak ada ketentuan khusus sih, jadi gue pake LitRPG aja ya sebagai nama genrenya.

Genre? hmm, contohnya musik ada pop, rock, jazz, blues, dangdut, jadi aliran yang sama akan mendapatkan cap yang sama, walaupun masih banyak lagi jenis-jenis gene yang lain, intinya sih disaat kita denger lagu dangdut, kita pasti otomatis langsung tau walaupun itu lagu kita gak tau siapa penyanyi ataupun siapa yang ciptain lagunya. 

Apa sih LitRPG ?
“It's not exactly Fantasy, but a popular sub-genre amongst Korean, Japanese and Russian readers called LitRPG. It's a mixture of Science Fiction, Sword and Sorcery and MMO/Reincarnation elements within the books.” - Goodreads -
MMO = Massively Multiplayer Online

Kenapa Gue bilang LitRPG ini adalah genrenya para gamers?
Salah satu unsurnya yang paling menonjol adalah unsur elemen yang terdapat dalam game ada di dalamnya, seperti peningkatan kemampuan dari karakter akan di ukur layaknya game RPG (Role Playing Game) sederhananya Game Petualangan, yang main game online pasti akan lebih gampang mengerti istilah yang digunakan dalam ceritanya. Tenang aja bagi kita yang gak paham pasti selalu ada penjelasan kok alias daftar Istilah.

Gue bukan gamers akut, gamers jarang-jarang juga bukan, tapi kalo gue memang pengen maen game, pasti gue akan pilih RPG, karena gue lebih menikmati Ceritanya. Pernah gue bela-belain ngecheat biar proses levelling dan peralatannya gak ngehambat gue tau alur ceritanya. Yep, rata-rata itu game bahasa yang dipake Inggris, walaupun ngerti cuma dikit, paling enggak deket gue ada kamus, kalo gak kamus yang tebel itu, ya kamus berjalan gue..haha.

Ibaratnya sih, lo akan dikasih ceritanya orang yang main game ini dari level lemah sampe jadi kuat. Sensasi maen game tapi gak pake stik, dibaca doang. Paling enggak Achievement yang didapet sama tokoh utamanya lo ngerasain juga.

....
Level Up
Damage Reduced by 10%
STR +10%
AGI -5
....
Kill Monstersss!!!! Level Up.. Get New Equip..
Let's Battle!!!
......

But gue rasa bagi yang termasuk DIE Hard Gamers, atau yang udah Pro banget nge-game, banyak yang bilang sebagian besar bakalan kecewa, karena mereka semacem ngebaca yang udah mereka tahu, dan repetisi-repetisi itu yang bikin mereka males, but gak usah ribet, cukup skimming aja ke lanjutannya. Seperti halnya novel fantasi, semuanya punya dunia masing-masing, rules masing-masing, dan sistem kekuatan yang unik.

Ada banyak judul-judul buku yang termasuk LitRPG, dan yang paling mainstream yang mungkin lo kenal itu Sword Art Online, udah keluar juga kan versi Anime-nya padahal bentuk Light Novelnya aja masih Ongoing, Yang suka nonton ya nonton... yang suka baca yaaa.. ada poin plus tersendiri. Novel distopia macem Ready Player One juga masuk LitRPG.

Kalo lo banyak ngebaca Light Novel ataupun WebNovel, lo pasti ngerasa klise, karena genre ini sekarang lagi menjamur gak jepang, cina, korea dan rusia juga katanya sih gak mau kalah juga. hmm.. banyak juga sih habis nonton Sword Art Online, AccelWorld, pada ketagihan ada lagi gak sih yang sama kayak gitu, tinggal lo ketik aja "Anime Like SAO" atau kalo lo nyari novelnya tinggal lo liatin di novelupdates related series sama recommendation-nya.

Tipe-tipe tokoh yang ceritanya lemah sampe jadi kuat, nyasar ke dunia lain, atau malah reinkarnasi ke dunia game, atau dunia silat (baca: xianxia,wuxia, dll). Gue malah lebih seneng sebenernya kalo ceritanya ke Virtual Reality, yang emang pake alat khusus buat ke dunia gamenya.

Dan gak sedikit yang akhirnya udah kehabisan bacaan LitRPG, akhirnya malah lari ke Wuxia, Xianxia, Xuanhuan, dsj. Karena kesamaannya, ada pertumbuhan karakter yang bedanya kalo LitRPG bisa lewat quest ataupun ngelawan monster. Genre Cina ini kebanyakan malah cukup semedi dan latian beladiri, tarik napas sama buang napas, dan biasanya gak lepas dari energi ataupun "Qi". Mungkin kalo lo nonton dragonball lo akan sedikit punya bayangan. Atau malah nonton Jaka Tingkir, jadi si jaka tingkir makin kuat itu juga lo bakal tau, ternyata ada beberapa tingkatan kekuatan. Ujung-ujungnya sih semakin kuat, musuh juga semakin kuat. Dan bahkan gak lepas dari klise yang paling umum, mulai dari di "bullied, offend, face, massacre and of course surrounding by girls".  Bisa lo liat sendiri deh rankingnya di NovelUpdates, liatin tag-tag yang dipake.


Cari Tahu Lagi :
1. Geekbytespodcast.com - Why I love LitRPG Novels? and List of LitRPG Novels
2. theverge.com - What is LitRPG and why does it exist?
3. Goodreads - Popular LitRPG Books - Listopia VRMMORPG, and This
4. LitRPG.com - List and Review
5. NovelUpdates.com - Semacam Goodreadsnya WebNovel, LightNovel, Xianxia dan Wuxia
6. RoyalRoadL.com - More  LitRPG Story bagi yang ketagihan
7. FictionPress.com - WebFiction 
8. LNMTL.com -  Machine Translation for Whoever lacking patience for the next chapter


Not enough to tempt you?
Hmm, sepertinya gue juga harus ngasih sedikit review sama beberapa LitRPG yang sudah gue baca.
Lebih jauh bisa lo liat di rak goodreads gue

  1. Sword Art Online
    Ketika itu gue nonton animenya doang, gue tertarik sama konsepnya yang terjebak dalam sebuah game virtual reality dan terjebak didalamnya, dimana mati disana juga mati di dunia nyata. Awalnya gue ngira bakal diceritain secara detil waktu grinding (baca: naikin level) dan nyari equipmentnya serta questnya pun macem-macem. Ceritanya emang fokus ke satu tujuan, keluar dari game dengan mencapai lantai teratas di kastil melayang Aincrad. Biarpun begitu udah cukup ngilangin nostalgia gue, karena gue seneng maen game yang konsepnya petualangan gitu. Menurut gue sih, kisah awal SAO ini seharusnya bisa lebih joss lagi.
    Kalo masih pengen ngelanjutin cerita animenya ada kisah lanjutannya tapi bisa dinikmatin lewat light novelnya, yang totalnya sampe sekarang gue tau ada 17 Volume yang udah di translet ke inggris. Dan gue cukup menyayangkan kisah terdetail SAO juga diangkat kedalam novel tersendiri yaitu SAO Progressive, dimana buku pertamanya membahas kisah dalam lantai pertama doang, buku keduanya lantai kedua.
  2. Zhan Long
    Ini juga termasuk virtual reality, dimana tokoh utamanya memang sudah punya background kuat, yaitu mantan SWAT. Dimana dia mandapatkan kesempatan kembali untuk bekerja sebagai bodyguard seorang gadis, baik itu di dunia nyata dan didalam game. Ceritanya cukup realistis, karena ini adalah virtual reality game, maka fokus ceritanya bahkan bisa dibilang terlalu banyak repetisi mulai dari naikin level dan quest-nya. Gue sih seneng aja, karena ada sesuatu yang dari SAO gak gue dapet disini. Walaupun kesannya overpowered, yeah nothing perfect.
  3. Ark
    Udah kehabisan bacaan gue, entah gimana gue jadi tertarik. Ceritanya berawal dari problematika kehidupan yang biasa, akhirnya dapat kesempatan untuk ngelamar ke Global Exos, sebuah perusahaan sebuah game VR. Intinya semua orang yang diterima ngelamar disana bukan karena pendidikan mereka, tapi perusahaannya pengen menemukan sesuatu yang tersimpan didalam game tersebut. Rahasia didalam game yang bahkan perusahaannya sendiri harus ngebayar orang untuk main gamenya. Penasaran kan. Ceritanya lumayan unik dan punya cita rasa tersendiri dalam tiap karakternya, terutama NPC-nya.
  4. Ark the Legend
    Cerita lanjutan dari Ark, cerita awalnya udah selesai, disini dia ngelanjutin kiprahnya lagi dalam game yang berbeda 180 derajat, yaitu game bergenre Sci-Fi dan Space Opera. Gue cuma baca sampe volume 13, dan ternyata sama tukang transletnya meng-hiatus-kan di volume 15. Yah cukup sekian deh, ntar kalo udah dilanjutin lagi gue baca lagi.
  5. Legendary Moonlight Sculptor
    Pertama, gue kebanyakan ngebaca review ataupun komentar yang baca. akhirnya gue gak baca-baca. banyak yang ngedaulat ini cerita terbaik didalam genre LitRPG, terakhir gue tau udah sampe volume 42 ditransletin ke inggris. Gue memulai ceritanya lewat komiknya (baca:Manhwa) dan jujur mindblowing banget, Gue ngerasa nyesel gak ngebaca dari awal, dan juga gue juga bersyukur. Karena kalo gue udah ngebaca LMS, gue yakin untuk tertarik ngebaca judul selain LMS, gue kebanyakan bakal kecewa. jadi kalo lo pengen mulai baca LitRPG, simpan judul ini dibagian terakhir lo. Ibarat makan, yang paling enak gue makan paling terakhir.
  6. World Gate Online
    Salah satu cerita yang unik, karena pemainnya bisa menggunakan kekuatan yang didapat lewat gamenya kalo punya World Key. Gue gak akan panjang lebar, ceritanya emang semakin menarik dan yaah, Ini juga yang memberi gue jalan ke situs RoyalRoadL, dimana itu situs isinya semacam cuma LitRPG dan gak jauh berbeda dengan cerita LMS.
  7. Shura Wrath
    Ini termasuk cerita paling magis yang pernah gue baca. bukan sekedar VR, tapi malah ini bisa dibilang terlalu fantasi, walapun begitu cerita yang berjalan gak kalah bagus. Walaupun lo akan didera sama rasa penasaran dan rada sentimen sama tukang translet yang kecepatan transletnya gak sama kecepatan baca lo. Tokoh utamanya mendapatkan item yang misterius dan mengingatkan gue sama novel Deltora Quest-nya Emily Rodda. Karena sama-sama mencari pasangan batu yang hilang. Overall, ceritanya gak sama dengan yang lain, paling enggak bisa ngerefresh otak lo sedikit.
  8. END Online
    Yang nulis bukan orang asia, jadi awalnya juga gue agak skeptis. Ceritanya bisa lo baca gratis di websitenya, ataupun bisa lo beli di amazon. Tokoh utamanya gak bisa jalan, karena kecelakaan dan akhirnya lewat game virtual reality, dia merasa dapat kesempatan kedua. Ceritanya cukup menarik sih, karena sepertinya ada rahasia besar yang akan diungkap. Gue baca sampe volume 3, dan gue tunda dulu baca lanjutannya.
  9. The Way of Shaman
    Ternyata yang nulis juga menggabungkan beberapa elemen western dan eastern. alias LitRPG yang dibuat orang barat dan asia itu berbeda, tapi disini bisa lo nikmatin penyatuannya. Tokoh utamanya masuk penjara karena dia gak sengaja nge-hack sistem, seharusnya dia nge-hack test system yang disediakan. entah kenapa malah sistem aslinya yang kena hack, akhirnya sesuai aturan hukum, dia dimasukin game VR sebagai penambang didalam gamenya. Sebagai upaya keluar dari tambang dan masuk ke dunia game yang sebenarnya dia harus mendapatkan reputasi yang baik dengan penjaga disana. Dengan profesi random yang dikasih diawal dan limitasi yang jauh berbeda sama pemain lain yang bukan kriminal di dunia nyata. Sampai sekarang gue baru baca sampai volume 3, 
  10. Mirror World (Alexey Osadchuk)
    Yang ini beda dari yang lain, mulai dari karakter utamanya yang berumur, alias bukan anak muda lagi, dan punya anak. Nah, untuk biaya pengobatan anaknya ini makanya dia dapat jalan untuk cari pinjaman uang dari bank, tapi berhubung bank udah gak percaya lagi sama dia, karena kerjaan, rumah, dll sudah dipakai buat bayar pengobatan dan rumah sakit. Untuk cari uangnya di game virtual reality. Bagi lo yang gak seneng main game, dan gak pernah lagi nyentuh namanya game, lo bisa ngerasa jadi karakternya. Perlahan-lahan lo akan menemukan istilah-istilah dalam game. dari buku 1 dan 2 udah bisa kok dinikmatin. Kerjaan di gamenya juga gak bunuh monster gitu, kira-kira dari buku 3 baru mulai deh. but so far,, panteslah buat di ikutin ceritanya.

Light Novel?  Webnovel ? Sama-sama banyakan teks daripada gambar. Web Novel kebanyakan teksnya, web serial malah teks doang kayaknya, bahkan banyak yang covernya aja gak ada... Tiga-tiganya punya kesamaan, gak cuma ngeluarin 1 seri, jadi ceritanya bakalan panjang. Gue biasanya seneng kalo ceritanya panjang, rada agak lama juga ngabisin ceritanya. But, kepanjangan juga bikin males sih, walaupun rame, dihantuin rasa penasaran "what next? then what happen?"


Tags : Virtual World, VRMMORPG, Game Elements,