Apa itu "metadata" ?
Metadata adalah informasi dari sebuah file bisa berupa deskripsi yang mampu menjelaskan isi dari file tersebut yang biasanya dapat terbaca tanpa membuka file tersebut.

Anda pernah menjadi seorang "pustakawan" yang kerjanya mengklasifikasikan buku-buku di perpustakaan kan? Buku-buku dipisahkan berdasarkan klasifikasi DDC , LCC, dsb. Buku yang anda cari akan mudah ditemukan dalam rak-rak yang banyak dan buku yang dipinjam dengan mudah dikembalikan dalam raknya semula.

Buat apa sih "metadata" ?
Berbagai aplikasi dan program yang kita gunakan  untuk membuka file ataupun mengorganisasikan koleksi file kita sangat-sangat bergantung pada "metadata", manajemen file-file kita akan mudah untuk ditemukan.
Sebuah file dapat mengandung informasi yang kita butuhkan, sejarah file tersebut (tanggal pembuatan, tanggal modifikasi terakhir, pemilik file, dan jenis file).


Contoh 


Metadata Tag di File Musik

Metadata Tag di Video

Metadata di eBook dibaca lewat Calibre

Metadata kamu "cacat" atau kosong? Perbaiki segera
File Musik kamu gak ada cover albumnya, nama artisnya gak ada judulnyapun gak ada.
kalau pemutar musik kamu memutar file tersebut ketauan deh, betapa bobroknya file kamu itu.
Biasanya bila kita membeli dari penyedia file musiknya (misal dari iTunes Store) sudah pasti metadatanya akan lengkap! tetapi bila kita punya beragam file musik yang bajakan biasanya cover albumnya tidak ada dan bahkan digantikan oleh gambar situs bajakan tempat kita memperolehnya.

Kita sebenarnya bisa aja sih mengandalkan nama file, tapi semakin panjang nama file kita maka akan semakin susah dilihat di gadget kita, sekarang jamannya mobile kan. dan juga ada batasan tertentu yang menyebabkan kita gak bisa buat nama file panjang-panjang.

Setiap program dan aplikasi musik, video, film, ebook, dokumen yang kita gunakan tidak akan pernah membaca informasi dari nama file-nya. Program dan aplikasi tersebut membaca idenditas file dari metadatanya. So, gimanapun kamu ngasih nama file kamu, metadata-nya lah yang menentukan kualitas file kamu itu.

Cara perbaiki metadata atau melengkapi metadata ada banyak kok di bagikan di internet.
kalo file musik rata-rata aplikasi pemutarnya udah bisa ngedit metadatanya walaupun gak komplit-komplit amat. Saya menggunakan AIMP3 dan Foobar 2000 tetapi untuk memudahkan saya mengedit metadata file-file bajakan ataupun tidak lengkap cover, title, dan albumnya saya menggunakan MP3Tagger.
Kalau kamu pernah ataupun bahkan suka menggunakan social media bagi pecinta musik seperti Last.FM pasti mengerti arti penting sebuah metadata tag dalam file musik. Scrobbling lagu tanpa nama artis, album, dan cover!!!! ughh! kasian!

Untuk Video Klip dan koleksi Film-Film saya menggunakan XBMC, bahkan kalau mau simple bagi kamu yang menggunakan sistem operasi windows tinggal klik kanan -properties pada Windows Explorer dan edit detailsnya sesuai dengan isi file-nya.
Apalagi koleksi videoklip dan film kamu mulai jadi timbunan dan semakin banyak, atau kamu pengen inisiatif jualan bajakan! trus gimana caranya file kamu itu bisa diakses menjadi list yang bisa memudahkan pembeli buat milih filmnya.


Untuk eBook alias koleksi buku-buku elektronik ini aplikasi khusus yang sangat powerful dan gratis yaitu Calibre, Aplikasi ini saya anjurkan bagi seluruh pembaca dan gunakanlah segera, aplikasi ini akan membuat sebuah folder khusus yang tidak bisa di utak-atik seperti kita mengorganisasikan file kita lewat FileManager semacam Windows Explorer. Karena Buku sangat ekslusif dan susah untuk diorganisasikan dengan lengkap.
Aplikasi ini mengorganisasikan file berdasarkan metadata filenya. kamu bisa bebas memberikan tag ataupun genre buku yang sesuai dengan bukunya, genre dan subgenrenya pun dapat kamu isi.
Semakin lengkap klasifikasi bukunya, maka investasi pengorganisasian buku ini akan membuat kamu berterimakasih dikemudian hari jika kamu konsisten menggunakannnya dan melengkapi metadata bukunya tiap kamu masukkan buku-buku yang kamu peroleh dari hasil download.
JUJUR - Segeralah, kalo udah terlambat gak apa-apa kok! cuman butuh waktu senggang yang gak sedikit untuk merapikan jumlah koleksi file kamu yang amburadul itu.



Kenapa harus diperbaiki segera?
mengedit dan melengkapi metadatanya akan memakan waktu yang tidak sedikit bila koleksi file kamu sudah bejibun. Ini yang saya rasakan ketika saya mulai menata file-file saya. Saat koleksi kamu masih sedikit mungkin akan mudah menatanya folder demi folder.

Tetapi Folder-Folder yang saya buat ini tidak mampu mengatasinya bila informasi yang saya inginkan terlalu lengkap, contoh saja Lagu Kotak satu album bisa saja memuat berbagai genre (Pop, Rock, Female-Vocalist, Band, Indonesia, )
Ketika satu lagu memiliki hak untuk 3 Folder berdasarkan klasifikasi saya. itulah masalahnya yang bisa dipecahkan dengan metadata.

Saya tidak lagi menggunakan Explorer atau FileManager untuk mengakses koleksi saya.
Cukup AIMP3, XBMC, dan Calibre.

Acuhkan saja sekarang! Saya sudah merasakan, kumpulan file koleksi lagu, video, film, ebook, yang saya peroleh dari saya 2005 sampai 2015 (10 Tahun) semakin banyak menumpuk dan sebagian sudah saya buang dengan mempertimbangkan kualitas dan kegunaan filenya.
Saya masih berterimakasih kepada diri saya sendiri yang secara konsisten merapikan file sesuai folder-folder yang sudah saya tentukan sejak dulu. Koleksi Musik di folder musik, video di folder video, dan ebook di folder ebook. dengan ratusan folder didalamnya lagi.

Mengingatkan saya pada arti penting MANAJEMEN dan ORGANISASI

Musik punya Genre
Buku punya Genre
Film punya Genre

dan apa itu Genre ?
Answers wiki


Ingatan kita terbatas dengan waktu, Bayangkan saja koleksi file kamu diakses oleh orang lain, kamu tentunya ingin "Show-Off" alias pamer Koleksi file kamu yang tertata rapi.

Atau hanya ingin meringankan diri kamu sendiri dikemudian hari bila mencari file kamu.
Gak enak kan tiap mau nyari file gak tau lokasi filenya. haha :D


Metadata dari Wikipedia?Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.
__________________ Referensi lain _________________________

Metadata WP
Metadata Paper (PDF)