Gue habis baca berita baru, ini tentang wordpress, yah CMS ( Content Management System) yang seringkali dipake buat ngeblog itu udah melangkah lebih maju, karena dengan proyek barunya yang diberi codename Calypso ini akan dibekali dengan Javascript dan REST API. Apa itu? Gue juga belum lama tau, yang pasti untuk berkomunikasi dengan database REST API ini powerful banget, rata-rata situs terkenal yang kita tau sudah punya sendiri-sendiri, so wordpress juga gak mau kalah dong. Bertahun-tahun sudah wordpress hadir, tapi gue juga gak makai, karena emang butuh modal yang gak sedikit, walaupun sewa hosting sendiri sudah murah sekarang, dan plugin-pluginnya yang menawan itu mengusik gue dari dulu. gue mikir lebih panjang, karena pengalaman yang gue lihat gak sedikit web atau blog yang pake self-hosting, tiba-tiba ngilang, walaupun gak semuanya, tapi rata-rata suka pindah-pindah hosting, buat nyesuaikan trafiknya, dan itu gak gue alamin waktu pake blogger.

Semua juga tahu basisnya Wordpress adalah PHP, dan database yang digunakan MySQL, dan gue rasa yang pake WP dengan hosting sendiri sudah tahu kejadiannya, banyak hosting WP yang sering down, ini side-effect gara-gara pake hosting murah sih. LOL

But, developernya yakin dengan sistem yang baru ini WP bisa dihost di hosting yang murah, bahkan yang 50 ribuan sebulan (gue anggap $1=10ribu yah). Apa yang ngebuat developer wordpress ini rela mengulang kembali alias membuat kembali WP dari goresan awal lagi, dan yang super awesome adalah kodenya dibuat jadi opensource. Banyak developer yang ikut terjun mengembangkan wordpress terbaru ini yang masih bayi banget ini buat jadi besar.

Belum lama ini gue udah nge-draft beberapa artikel, semuanya belom gue publish, untungnya. Padahal hampir aja gue udah mau mencaci maki platform blogger sama wordpress. Rencananya itu artikel sengaja gue simpen dulu, nunggu web buatan gue jadi. Tapi ya itu... gak jadi-jadi..

Kenapa gue ngepublish artikel ini, ngebahas wordpress lagi, gue kan pake blogger...
ini juga salah satu dari alasan gue memilih blogger daripada wordpress yang self-hosting, gue enggan belajar PHP, biarpun itu paling dasar sekalipun. Blogger lebih mudah, gue Cuma fokus ke dua hal, HTML dan CSS, dan bonus kalo gue bisa pake javascript.

Nah, perpindahan wordpress ini membuat gue sedikit berpikir ulang, karena WP mau make React.JS, dan menggunakan API sendiri, gue bisa sedikit membayangkan kecepatannya, soalnya belum lama, gue juga ketemu beberapa situs yang pake ANGULAR, cepet banget, apalagi gak perlu Refresh, ini hampir sama dengan yang gue pengen, Kenapa perlu refresh buat sekedar pindah halaman doang. Walaupun dalam kasus tertentu pake AJAX juga bisa, tapi rata-rata situs yang gue kunjungin, bikin gue sedikit takjub.

Wordpress emang gampang dipakai, bahkan back-endnya juga gue pengen, tapi backendnya juga nyedot server, bener gak sih?

Speed....
Ini yang bikin para web developer diluar sana mencoba berbagai macam cara,
bahkan dari yang paling sederhana, ngerapikan struktur kode CSS doang. Gue sedikit banyak tahu gara-gara gue juga lagi menerapkan sistem yang dipake sama Nicole Sullivan, Harry Roberts, dan BradFrost. Sumpah ini orang kalo dikombinasi bisa jadi super saiyanya super saiya. heh..ini efek nonton dragonball kemaren, kebayang-bayang Freeza bangkit lagi..haha, Nah gue juga merekomendasikan lo semua kalo mau belajar dijalan yang benar silahkan lo gali tentang ketiga orang ini, soalnya gue banyak belajar cara berpikir dan mengorganisasi kode-kode daripada ngajarin nulis kode , dan nonton ini, dan lihat diagramnya disini


Oiya, gue juga nyobain install calypso, alias the new wordpress ini.
Baru 6 hari doang nongkrongin github udah banyak aja yang udah berkontribusi, gue? gue belon bisa ikut-ikutan haha
jadi gue ikutan nyobain doang... kalo lo pengen nginstall di windows.. maaf.. lo bakal lebih sulit nginstallnya buat nyoba offline, tapi bisa diakalin pake vagrant kok.
silahkan lo lihat dulu fitur terbaru wordpress calypso ini.








Kalo lo masih pake wordpress lama, segera buang jauh-jauh.. LOL
Stop pake PHP, karena gue juga gak ngerti, titik!


Btw, Sebelum tahu tentang ini, gue udah mencoba untuk nginstall NodeJS di windows, my mistake!
Sampai akhirnya gue ngedownload Visual Studio 2015 yang segede gaban itu cuma buat ngejalanin plugin NPM..
Browsersync (gak nyampe 5 MB, VS2015 hampir 4GB, belum dotNetFX 4.5nya, SDKnya) , maksudnya biar gue bisa lihat tanpa refresh-refresh lagi, alias edit kode langsung keliatan perubahannya, gue nyoba pake live reload, gue kurang puas!
kampretos, gue ngejalanin di windows karena modem gue cuma bereaksi di windows, lah fedora gue nancep gak jelas..
Baru habis gue install ini itu, kesalahan lagi.. kenapa gue gak pake vagrant.. oh kampret maniaaa.. gue baru tau.

eh


Bukti lebih lanjut :

Ma.tt - Dance to Calypso
Source Code Calypso di Github


Sedikit Bocoran buat lo semua yang penasaran sama web gue ntar,
1. Gak pake blogger lagi, titik! Pake Jekyll preview bisa lo liat di http://blog.yuniorusop.com
2. Hosting? Entahlah, gue mau pake GithubPages dulu, Gratis! oyehhh
3. Kolom komentar, masih belom tau pake Disqus solusi sementara, kalo enggak pake Isso.
4. Tambah mudah? enggak! ini tambah ribet.. Tapi setimpal sama yang gue pengen..

Cerita tentang perpindahan ini udah gue buat artikelnya, sambil gue lengkapin.

See yaa..
Artikelnya ditunggu aja yah.. lagi mode serius gue..haha