Aku punya buku agenda buat nyatet ide-ide dan biasanya aku buatin kerangka, konsep, dan mind-mapnya.
asik juga nulis sesuatu yang kita suka, sesuatu yang akan kita cari, dan biasanya sekedar tulisan pengingat.
Buku agenda aku ini banyak banget berisi "quotes" yang gak sengaja aku lihat dari buku yang aku baca ataupun dari internet dan sosial media.

Bahkan buku agenda aku itu banyak banget sketsa alias gambar corat-coret sekedarnya. kenapa gambar coret-coret disitu? Ya suka-suka gue lah! gue sukanya ngesketsa dulu gambar yang mau gue buat serius di corel atau di illustrator. Yep! gue suka Vector images! Dari dulu pengeen banget bisa make photoshop dengan segala utilitinya dengan maksimal, males banget ngeliat tools dan warna-warna yang bahkan gue sendiri susah buat mikir gradasi yang bener dan efek2 yang mo gue buat.

Balik lagi ke agenda gue itu, Karena banyak banget yang akan gue tulis dan gambar disana sampe agenda gue itu penuh dan akhirnya gue beli agenda baru dan penuh lagi dan beli lagi.

Terkadang gue pengen agenda khusus yang keren dan orang lain gak punya dan gue bisa pamer! halahh :P
Kalo beli mulu mahal banget jatohnya, padahal gue cuma pengen kertas biasa dan cover biasa aja.
Gue gak sengaja cari-cari cara bikin buku keren dalam imajinasi gue itu, karena sebelumnya gue niat banget nyari cara biar buku-buku gue yang rusak spinenya (baca:punggung bukunya) bisa nempel balik lagi dengan cover Hardcover, jadi gue search aja caranya bikin hardcover.

Selidik punya selidik, membuat buku hardcover ini ternyata punya beragam teknik dan pilihan jaket bukunya pun bisa dengan berbagai bahan (kertas tebel, kulit, ataupun kain) dan teknik penyatuan (baca: bookbinding) tumpukan kertas ini ada 2 yaitu pake lem atau pake jahitan benang dan ada juga kombinasi keduanya.

Pertama gue ke etsy, disitu ladangnya handmade.
Kedua gue ke youtube cari tutorial videonya.
Ketiga gue nyari motif dan teknik khusus macem-macem buat bookbinding.
Keempat gue masih rada skeptis mau buat sendiri, akhirnya gue stalking blognya vitarlenology dan gue akhirnya sedikit tercerahkan.
Kelima gue balik lagi ke youtube.

Dan gue tutup artikel ini karena mau bikin tuh buku dalam imajinasi gue!
Cover Jeans - Teknik Coptic Stitch

Akhirnya tuh buku setengah jadi, susah banget bagi cowok yang gak pernah ngejahit-jahit.
ini kerjaan cewek banget kayaknya yah! hufft.
Tenaga gue terlalu kuat sampe jarumnya patah mo gue bengkokin. (baru kepikiran pake api lilin)


Sekarang coba lo liat nih karya-karya

 


Kepengen kan ?
makanya gue nyari lagi kok bisa kayak gitu
akhirnya gue dapet nih situs ibookbinding

trus malah gue jadi pengen beli alat-alat khusus buat bookbinding inih.
Cutting Mat - Bookbinding Needles - Bonefold - Wax Threads - dll

Bikin sendiri kok jadi mahal yah!
:D


Diatas hasil bikinan tangan gue sendiri, banyak kesalahan yang gue sadarin setelah ngebuatnya.
Untuk hasil terbaik emang perlu dicoba dulu, gak semudah tutorial youtube, sama liat foto keren-keren itu..