download dokumen di scribd.com ternyata sangat mudah, tinggal upload dan data anda tersimapan,,,tapi ingat harus daftar dulu, saya juga baru mengetahui fungsi situs ini dari guru saya, dan saya kemudian mencoba mendaftar, "kok ga bisa2, tenryata sudah daftar lama banget tapi ga tau fungsinya apa", banyak buku2 yang dibajak disini dan banyak informasi yang akan anda cari disini, entah kenapa sejak hari itu saya mendownload secara besar2an sampai total 2GB dokumen. tidak terasa....kemudian lanjut deh baca2 dan ternyata emang baguss,,,,the best,,,kemudian nyari yang lain dirapidshare pake google,,,nemu banyak buku bajakan,,,,so good.

Scribd adalahsebuah situs web untuk menampung dokumen word dan pdf ataupun txt yang kamu bisa lihat langsung isi filenya sebelum kamu download dan semua halaman bisa dibrowse dengan leluasa, tapi ingat untuk buku-buku yang berbayar cuma dikasih lihat sedikit halamannya, cuma buat preview sebelum beli. ini situs gudangnya makalah dan paper-paper buat anak sekolah dan mahasiswa. ehm.. kalo mahasiswa masuk di academia.edu kayaknya lebih sip yah.

Ini adalah salah satu situs andalan juga buat nyari buku-buku gratis yang layak buat dibaca, eits.. tapi buat aku tetap aja buku-buku yang berbayar itu lebih asik. Mendapatkan buku elektronik alias ebook di internet lumayan gampang kok kalo buat buku-buku luar indonesia, karena memang selalu ada saja yang pengen berbagi ke sesamanya, atau malah mengkomersilkan buku tersebut lebih murah. ckck

Gak tau kenapa, untuk download di scribd ini jadi bikin ilfil, soalnya terkadang harus kita upload satu file dulu ke scribd hingga scribd memberikan akses kita untuk download sepuasnya. Entah kenapa hal ini gak terjadi sama aku, mungkin pengaruh browser atau user-agentnya kali ya, pake firefox dan chrome bisa banget disandingkan sama adblockplus. Block Elementnya itu berguna banget...

Buku apapun yang kamu cari di scribd, usahakan kamu udah tau judul sama pengarangnya, karena bakalan susah kalo kita gak tau. so, kita cari dulu di google, ataupun di amazon, atau buku-buku yang masuk top list.

Karena aku biasanya banyak juga cari referensi gini aku recommended buat cari resensi buku sih di Goodreads, karena disini kita akan memiliki akun yang fungsinya nanti oke banget, kita pilih buku-buku yang pernah kita baca, dan voila! goodreads akan mencarikan kesamaan tema buku yang kita baca alias selera kita dibaca.dan hebatnya ini situs goodreads banyak bener orang indonesia yang udah jadi librarian yang ngasih info buku-buku ke situs ini buat di data, dan ada forumny juga buat kita berkomunikasi antar pencinta buku yang pake goodreads, kita punya lemari buku virtual dan bahkan ini semacam situs yang bikin klub-klub buku pada tumbuh menjamur di tiap daerah.

Update: 27 Agustus 2015

Hari ini gue buka lagi akun scribd, hasilnya gue gak menyangka profil dan hasil upload gue mendapat apresiasi yang besar dari para pembaca di scribd.


Padahal gue lagi khilaf waktu ngupload semua file itu, kebanyakan hasil tugas-tugas sekolah gue dulu yang akhirnya gue upload semua kesana filenya. Ternyata banyak juga yang ngeview dan like.