Gue gak takut kalo blogger ngehapus blog gue ini gara-gara gue nulis tulisan ini. Bagi yang nge-blog harap dibaca dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya yah!

Udah lama makai platform ini buat nge-blog, tapi selalu aja dia sentimen.
Gue udah sedikit rajin buat nge-update tulisan dan tergerak buat ngedit tampilan templatenya, gak disangka dia sentimen lagi. Sentimen maksud gue disini itu adalah saat templatenya diedit eh kok rusak parah tampilannya. Oke, bukan sepenuhnya salah blogger.


Saatnya gue introspeksi diri, gue cuma paham konsep kodenya HTML sama CSS, tapi untuk mewujudkan yang ada diotak gue ke tampilan dalam bahasa itu, kayaknya gue perlu waktu yang gak sedikit.

Salah gue pertama waktu ngedit templatenya itu cuma satu, gak gue backup sebelumnya, widget isinya juga ngikut ilang, nav-bar menu juga ngaco, gue pengen mencoba mengikuti jejak para "kang mas yang suka nonton dora yang ajaib" yang menganjurkan untuk merevisi kode supaya valid HTML5 dan CSS3, dan para Internet Marketer yang suka gencar promosi SEO, Awalnya gue nyoba satu-satu dan rata-rata berhasil, dan ketika ada yang gak beres tampilannya, gue selalu aja ngerepotin Google. Biarlah! Gue mah gitu orangnya..

At least, dari kesalahan yang gue buat saat ngedit template itu sangat berdampak dengan jumlah postingan yang stagnan, alias nambahpun itu ngendon di "draft" dan gak dipublish, why? karena emang postingannya belum layak tayang, cuma nyangkut idenya doang, judul dapet, cuma buat memperkaya isi postingannya yang gue belum bisa. Entah kenapa dari banyak ide yang gue tulis di catatan, buku agenda, binder, kerpek'an, kertas ATM (yang sekarang ada iklan-nya), mereka stay cool disana doang, gak niat terkenal disini. Gue sih sabar aja...

Btw, karena judul yang gue berikan ke kalian yang nyasar ke blog ini, gue harap kalian bisa mengerti kenapa gue bisa pusing! itu semua karna gue gak gitu paham HTML, CSS, XML, dan Tag Kondisional bawaan blogger. Karena itulah gue nyari template gratisan dan keren dan layak buat dijadikan wajah blog personal ini. Tapi inilah yang terjadi. Dia sentimen. Entah "blogger"nya atau template-nya. Udah lama gue mencoba memahamin isi hati dan seluk beluk template blogger, makanya gue gak beralih ke template lain begitu mudah, Gue ngerti kenapa blog ini sepi, mulai dari loading aja udah lama banget, cek deh pagespeed insight blog ini. Kok bisa ya sentimen lagi..

Masalah baru gara-gara template di edit-edit ini terus bermunculan, sampe akhirnya tampilan blog gue yang "rock-solid" itu hancur. Gue coba benahin pake template awalnya. Oke Fixed. Gue nyerah buat dandanin dia lagi untuk kesekian kali. itu gak sedikit waktunya. Kalo jago koding sih enak.. jadi jangan disamain yah. Masalah klise banget, jQuery, Javascript, dan tetek bengek lain yang sentimen ke gue pada bilang kalo blog ini loadingnya lemot, bikin pusing peramban alias browser buat nampilin, kebanyakan kode cantik, jadinya render-blocking, cssnya, javascriptnya pun kompak ikut-ikutan sentimen.. yasudahlah..

Saat ini gue sih lagi fokus bikin template permanen khusus buat blog ini, biar bisa nyantumin nama di bawah footernya. "Design by. Yunior Usop" :D

Ups! Intinya gue mau bikin template yang gak bergantung sama javascript dan jquery, so kalo bisa ngandelin HTML5 dan CSS3, karena itu aja udah cukup buat bikin efek-efek macam kiamat 2012 yang bisa bikin heboh bioskop!

Inspirasi gue saat ini sedikit banyak karena para blogger ceria dan suka menolong, inilah mereka

1. http://www.dte.web.id/2013/05/framework-css-utamakan-konsistensi.html
2. http://under-88.blogspot.com/
3. http://mkr-site.blogspot.com/
4. http://blog.kangismet.net/
5. http://sugeng.id/
6. http://www.kompiajaib.com/
7. Blog Gue :D

Karena gue ngebaca dan nge-aplikasikan itu diblog ini, jadinya blog ini udah macam samsak, atau sandbox buat eksperimen gue yang langsung apply tanpa backup.

Fitur yang pengen gue adain:
1. ?
2. ?
3. ?
4. ?
5. ?

Gue pengen banget bisa ngambil fungsi-fungsi unik yang ada di computerworld.com
tapi itu rumit banget kayaknya. buat template minimalis aja gue udah bingung.

PURE CSS3 kalo bisa, kalo kagak ya diakalin pake javascript
Bisa Next atau berpindah halaman tanpa me-"refresh" keseluruhan blog ini. yang hemat kuota seneng dan blog juga cepat untuk diakses.
Responsive Design, bisa menyesuaikan tampilan blog sesuai besarnya layar.
MobileTemplate khusus buat yang suka pake UCBrowser atau OperaMini deh,

Soal Kolom Komentar ini gue maunya make Disqus, atau GooglePlus Comment, atau IntenseDebate,
yang penting bisa komentarin blog ini gak susah deh.

Soal Mock-Up nya masih gue kerjain, gak tau kapans selese template harapan gue.
Kodingnya juga masih ngarep ke Google buat ngasih jalan,

yaudah segitu aja.. gara-gara template jadi rusak ini gue bisa bikin tulisan lagi. Alhamdulillah..
:D

Pengen gak sih bikin template idaman buat blog kalian?
Hasil karya sendiri loh ntar

Update:
ada pencerahan sedikit habis ngintip kodenya about.com
http://html5doctor.com/ itu buat belajar HTML5 biar paham gunanya per elemen
http://meyerweb.com CSS Reset supaya tiap elemen ada isinya gampang reuse code
https://html5boilerplate.com/
terakhir pasang logo HTML5 http://www.w3.org/html/logo

dan satu lagi, tentuin preprocessor dari awal sebelum bangun css-nya,
ada LESS, SASS, DRY,

Intinya kode apapun itu sebenernya udah bisa dipahamin kalo kita mengerti urutannya, semantic, hirarkinya, sama seperti lo bikin folder didalam folder yang didalamnya ada folder lagi dst.

Gara-gara lihat HTML5 Boilerplate, pilihan gue sebenernya ke responsive tapi berhubung disampingnya ada bootstrap yang emang mengistimewakan perangkat mobile, gue jadi sedikit serakah mau belajar semua2nya.

Update:
Sedikit Catatan sih, HTML5 dan CSS3 bisa saja tidak di support oleh browser, sehingga perlu tambahan javascript khusus buat hal itu. Gue baru dapet, namanya Modernizr, Tinggal menambahkan javascript modernizr dalam blog atau situs akan membantu browser buat mengenali "tag-tag" baru yang sekarang lagi kita gunain, HTML5 mengandung banyak tag baru yang bikin browser lama dan belum menerapkannya jadi bingung, gundah, dan akhirnya galau berkepanjangan. Akibatnya tampilan situs tidak tampil sebagaimana mestinya.


Update: 26 Agustus 2015
Sebenernya gue lebih suka template yang ada di themeexpose, lebih minimalis, dan sesuai standar gue lah. Karena habis ngeliat itu gue malah download template-template disana doang, Karena ada elemen-elemen yang mau gue adaptasikan diblog gue. colong ide boleh lah.. sekalian colong kodenya hahaha.. eitss tapi colong kreatif nih yah/


Update: 02 Oktober 2015
Blogspot udah menyesuaikan domainnya untuk tiap negara, jadi bagi yang masih punya akhiran blogspot.com akan menyesuaikan negara pengakses. Misal dari indonesia, ya blog lo akan muncul dengan akhiran blogspot.co.id. Baru-baru ini juga gue baca di dashboard blogger gue, ada perubahan juga tentang awalannya, yang mulanya cuma HTTP jadi HTTPS, ini sangat menguntungkan kita, karena HTTPS lebih aman dan terpercaya dimata pengunjung dan dimata search engine juga. Jadi segera aktifin tuh fiturnya lewat setting di dashboard.