foto by : desabebel
Upss! Ngerokok itu emang enak sambil Ngopi bro! apalagi pas "nongkrong" !
Yang Ngerokok itu ngerti banget lagi, soal bahaya ngerokok soalnya sebelum jadi perokok mereka belajar dulu, bibit-bebet-dan bobotnya. Ruginya buat mereka apa dan untung buat mereka juga pasti mereka paham dengan baik kok. Gak usah kamu ingetin berkali-kali, mereka tau kapan harus berenti merokok... dan gue sedikit yakin kalo itu adalah waktu bokek. Apalagi sekarang udah diedarin tuh slogan "merokok membunuhmu" beserta poster gambar di bungkus rokok yang gue gak setuju karena desain bungkusnya jadi jelek!

Pernah gak kamu nanya kenapa mereka ngerokok?
Gue yakin para perokok ini udah punya cerita masing-masing yang bakal laris kalo dijadikan buku dan gak kalah fenomenal dengan isu korupsi dan bencana alam, apalagi gosip terkini. Jangan harap deh kamu bisa dapet jawaban kongkrit dan jelas tentang alasan mereka, karena emang mereka pada dasarnya ngerokok juga karena memang terbawa dengan kebiasaan lingkungannya dan juga gue sadarin ternyata ada alasan psikologis tentang bagaimana mereka memutuskan untuk terus merokok. Ketika Perokok berhenti merokok bisa memicu kejadian besar, kalo gak terjadi di diri dia sendiri itu akan memicu sekelilingnya. Serius~

Apakah Kopi dan Rokok ini berteman baik?
Gue gak tau bener asal usulnya kenapa ngerokok itu nikmat sambil minum kopi, paling minim ya emang karena emang seleranya gitu. Bisa jadi karena emang terlalu banyak ngerokok waktu nongkrong bikin serak jadi minum kopi deh biar seraknya ilang, kan bisa lanjut canda ria lagi.

Minum Kopi itu jelas ada manfaatnya, kalo ngerokok?
Jangan pikiran negatif dulu deh awalnya, dari sudut pandang perokok akan kamu pahamin ketika nongkrong bareng. Stop deh asumsi dan penelitian-penelitian yang bahkan belum pernah lo lihat dan alamin sendiri, Coba dengarkan dulu deh gimana tanggapan mereka ketika lo tanyain apa sih manfaat mereka ngisep rokok.

Lo percaya omongan para perokok?
Hei Bung, Para perokok gak pengen kalian yang gak ngerokok itu setelah denger omongan mereka akhirnya lo ikutan ngerokok. Mereka yakin merokok atau tidak itu adalah pilihan yang mesti lo putusin sendiri. So, ketika lo tidak punya alasan apapun untuk merokok, why?

Perokok itu jelas sangat menikmati Kopinya?
Gak kebayang kan gimana kalo mereka ngabisin kopinya duluan ato rokoknya duluan. Mereka yakin kalo Kopi itu adalah sahabat rokok, jadi Kopi itu akan menemani rokoknya sampe rokoknya habis, so sweet kan! Kalo salah satunya habis duluan, ya masih bisa dipesen dan dibeli kan? Mereka paham betul dengan itu.

Perokok adalah teman yang hangat ketika hang-out bareng?
Umumnya nih ya, ditangan mereka ada rokok, jadi untuk bisa gunain smartphone itu agak susah pake tangan satu, kecuali hapenya emang tipe "sms ready". Gak enak banget men, lo jalan bareng temen lo tapi dia malah asik ngegame di hapenya, atau sekedar geser dan pencet-pencet doang. Lo keluar itu buat have fun, have quality time, have quality talks, dan paling enggak dengan lo ketemu itu masa depan cerah lo akan sedikit mendekat.

Perokok paling seneng cerita?
Selama masih ada kopi dan rokok, mereka seneng kok diajak cerita. Apapun itu, mereka juga gak banyak ngomong, karena emang dipake banyak buat ngisep rokoknya. Oleh karena itu mereka pendengar yang baik, lo butuh telinga buat denger curhatan lo yang gak penting dan ngeselin itu silahkan datengin mereka deh dengan embel-embel traktir kopi ataupun rokok lo yang bayar. Kalo soal cerita tentang kehidupan yang dia alamin, kalo elo tulus nanyanya mereka akan jujur ke elo kalo rokoknya masih nyala.. loh.

Ngopi sendiri dan Ngerokok sendiri itu gak enak?
Makanya mereka lebih milih untuk keluar dan ketemu temennya ato orang baru kenal buat sekedar nemenin ngerokok dan ngopi. Bahkan ketika mereka bertemu siapapun yang sedang ngerokok mereka semacam memiliki chemistry yang instan, yang bisa bikin ngobrol lama dan akrab. Ini sih karena emang nungguin rokok habis baru cabut. But, the real fact..Emang ketika ngobrol sama orang dan sama-sama lagi ngerokok mereka udah kayak sodara yang kepisah. Kalo Ngopi sih kebiasaan aja, nikmatin kopi itu gak bisa langsung diminum sampe habis kayak minum jus, untuk mengisi waktu itulah mereka menikmatinya dengan lo. Sekali dayung dua tiga pulau kelewatan.

Gue sadar akan bahayanya jadi gue akan kurangin itu. Jadi cuma ketika gue nongkrong aja gue ngerokok. bahasa kerennya sih "Social Smoker", tapi gue akuin gue kecanduan!


Rokok itu bisa aja jadi Barang Seni !

Gue juga baru tahu setelah gue punya temen asli tulungagung, untuk ngelukis ataupun ngebatiknya pake ampas kopi ijo khas tulungagung yang dibuat dari campuran kacang hijau + susu. btw, ini hasil karya gue sendiri, walaupun masi jauh dari bagus, kuasnya cukup pake tusuk gigi. Ini namanya rokok di cete.. haha rasanya ya emang beda sama yang biasanya.








Ehm, fakta terbanyak yang gue dapet ketika gue tanyain sama yang ngerokok, ya mereka semua pengen berenti! trus kenapa lo malah kepengen, dan yang gue lakuin ini adalah pertama proses mengakui bahwa merokok emang ngerusak, dan sadar kalo lo kecanduan juga proses yang baik untuk membantu lo mengurangi dan menghilangkan kebiasaan ngerokok.

Btw, gue habis bacain "the power of habit" bahwa kebiasaan gak bakal bisa hilang gitu aja, harus ada kebiasaan lain untuk menggantikannya.

So, gimana pendapat kalian? 
gue mengharapkan komentar yang gak mainstream! haha


!! UPDATE !! Oktober 2019

Yang pasti berhenti buat ngerokok itu harus!
Kenapa harus, kalo udah batuk-batuk gajelas, masih lu terusin ngerokok kan gak mungkin bos.
Ketika berhenti merokok kenapa malah batuk-batuk?
Ini juga hal yang aneh yang gue alami, batuk dan dahak yang keluar gak berenti lebih dari sebulan.
Padahal udah minum obat batuk juga, tenggorokan gatel banget pengen batuk aja bawaannya.

Gue sih yakin ini ulah toxin-toxin yang mau keluar dari badan.
Istilahnya badan gue mulai menyembuhkan kembali sel-sel yang rusak tadinya, seperti luka yang gatal karena tumbuhnya kulit baru.

Habit yang gue ganti, simple doang, ngebaca webnovel.
jadi, bayangin aja, ketika misal dalam sehari ada 2 Jam ngerokok, dan gue ganti kebiasaan itu jadi 2 Jam membaca, efeknya JOSS!

dengan ngebaca novel, hobi baca gue tersalurkan, dan gue juga pengen hobi baca gue ini bisa jadi batu loncatan buat belajar bahasa inggris, jadi walaupun gue jadi rada hyper banget ngebaca, se hyper-hypernya gue, ada pembelajaran dari tiap repetisi gue ngebaca pake bahasa inggris.

Ini adalah semacam pembuktian sekaligus pembenaran bukan kepada orang lain tapi kepada diri gue sendiri, bahwa setiap ada kemauan pasti bisa kok.