sumber


Alunan nada yang kita dengerin di sekitar kita kadang ngebosenin, dan bahkan kita jadi clueless soal apa sih genre musik yang bener-bener kita sukain. Dan gak lama kemudian lo ikut larut dalam arus yang mainstream, gak ada yang salah! Lu cuma suka apa yang orang lain suka, lo cuma ikutin tren yang lagi in saat itu.

Btw, yang sekarang pengen gue tulis adalah tentang bagaimana cara kita dengerin musik dan cara kita nikmatin musik dengan kualitas yang terbaik. Salah satu caranya adalah dengan membeli CD Original + Hardware Audio yang memang berkualitas. Kalo emang lo penasaran tentang apa sih bedanya kualitas file musik dan hardware audionya silahkan baca post gue sebelumnya.

Forum yang bikin lo melek HQ Audio :D


Berhubung yang pengen gue bahas disini adalah music player, gue akan ngasih tau lo yang biasa gue pakai. Menurut Gue Music player terbaik itu bisa mangangkat kualitas musik yang seharusnya memang detil mulai dari stage, separation, dll. Tentunya kualitas musik akan muncul dengan perangkat yang mendukung pula. Apalagi setiap perangkat memiliki karakter suara yang unik.

Buat keseharian aja, misalkan lo lagi buka laptop lo atau komputer lo, silahkan lo pake AIMP3 atau Foobar2000. Gue sih lebih menyarankan foobar, dengan bawaan yang simpel namun bisa di custom se ekstrim mungkin, kalo aimp emang masih bisa di custom dibagian skin dan plugin-nya yang bisa kompatibel sama plugin winamp.

Buat Musik Player portabel, gue lebih menyarankan yang baterenya awet seminggu atau paling enggak 3 hari lah. Trus apa dong? setelah gue research nih ya, ada COWON, SANSA, IPOD, dan soal headphone, earbud, iem dll, gue lebih menyarankan lo nyoba sebelum beli dengan lagu-lagu yang lo sukain! terkadang emang mahal itu menunjukkan ke kualitas yang lebih bagus, tapi ada cara yang lebih ekonomis untuk menikmati musik berkualitas tinggi dengan harga yang murah. Untuk cara pastinya silahkan lo bongkar kaskus, dan lo cari dengan kata kunci "KERE HORE". Btw, kalo lo melihat ada yang nempel kayak hardisk eksternal, mungkin saja itu adalah amplifier portabel.

Bicara soal musik, tentunya setiap orang punya selera yang berbeda-beda, jadi gue rasa tidak ada player yang terbaik, yang ada hanya player yang sesuai dengan telinga kita. Ketika lo suka lagu rock dan punk, lo mungkin butuh bass yang detail dan terasa dikuping, tapi bila lo cuma suka musik akustik yang dimainkan cuma pake gitar doang, bass yang terlalu detil akan mengganggu musiknya.

Sesuaikan menurut selera lo, bukan karena rekomendasi temen lo, biarkan kuping lo yang menjadi juri untuk semua musik, player dan perangkat yang sesuai dengan selera lo