Seperti di postingan gue yang lalu, ada banyak banget faktor yang bikin inbox email kita mirip lokasi perang. Penyebab utamanya emang biasanya settingan kita sendiri, contohnya waktu kita pakai facebook, notifikasi ke email gak kita matikan, hampir seluruh sosial media ngirim notifikasi yang sama kalo ada yang sekedar like, reply, atau nge-"tag" kita,  Kalo kita emang fokus cuma make satu sosial media sih gak masalah, tapi kalo udah semua sosmed kamu pakai, ini yang bikin jadi masalah.
Saran, gue matikan semua notifikasi gak penting itu! *tips 1*

Tidak cuma sosmed yang bikin inbox kalian penuh, begitu kalian sadari tiba-tiba banyak aja email-email berdatangan. Ternyata semua itu datang dari semua situs yang kita daftarkan dengan email kita. Jadi bagi kalian semua yang sudah terlanjur nerima email mereka, bisa kalian klik unsubscribe dibagian bawah tiap email, email dengan pengirim yang sama tidak lagi mengirimkan email mereka lagi. Tapi pengirim dari email kita yang berantakan itu tidak sedikit, jadi gue yakin banyak dari kalian yang berharap memulai dari awal lagi kalo bisa, jadi manfaatin aja fitur yang ada di unroll.me, buat unsubscribe sebagian atau seluruh email yang lo terima itu.

Siapa tahu mantan lo ngirim email, bikin filter trus kasih langsung masuk ke Trash! hahaha



Gue juga yakin banyak dari kalian disini yang tidak mau ketinggalan dengan info berita terbaru atau sekedar info diskonan atau promo dari sebuah web/blog yang bikin kamu jadi gak pengen untuk unsubscribe, kamu masih bisa merapikannya dengan jadikan email yang masuk langsung jadi arsip dan dibikin label sesuai yang kamu pengen.

Logikanya
kamu nerima email dari pengirim (misal: noreply@beritakodok.com), dan email itu langsung di arsip ke folder dengan label beritakodok, Akhirnya tutorial jadinya.. :D
***

Pertama pastikan pilih dulu email yang pengen difilter.


Solusi Inbox Email yang Berantakan gmail

Solusi Inbox Email yang Berantakan email yahoo

Dengan cara diatas, email-email yang tadinya kayak lokasi perang, sedikit lebih tertata,

GREAT CHOICE! for Mobile Email Notification
Untuk Notifikasi di smartphone bisa lo pilih dengan label yang lo tentukan, misal gue bikin label/filter, "inbox-penting", masukin daftar email yang penting, alias lo emang nunggu email itu dan sudah jelas lo tahu siapa penerimanya buat dibikin daftar, jadi cuma daftar email yang lo kasih label "inbox-penting" inilah yang akan masuk ke inbox smartphone kalian guys!
Caranya bisa masuk ke setting-an Notifikasi Email aja, label notification-nya di enable, dan pilih label yang kalian tentukan tadi buat dapet notifikasi hanya dari label itu.

Untuk yang lebih Advanced lagi, lo bahkan bisa bikin labelnya dulu, jadi ketika lo daftar/langganan lewat email buat dapat update-an berita terbaru, lo tambahin tanda +
usernamekamu+katakuncifilter@gmail.com
misal, email kamu di gmail adalah tukangsayur007@gmail.com
lo bisa daftar atau langganan di website/blog dengan email
tukangsatur007+katakuncifilter@gmail.com
tenang aja, lo bisa ngecek sendiri, emailnya tetep kekirim ke emailnya tukangsayur007@gmail.com
sama halnya dengan lo ngasih titik di tukang.sayur.007@gmail.com, emailnya tetep akan kekirim ke tukangsayur007@gmail.com ( Trust Me! haha ) atau lo ngirim ke tukangsayur007@googlemail.com , hasilnya akan tetep sama, ke inbox tukangsayur007

***

katakuncifilter-nya lo samain sama label yang lo buat,
Biasanya gue bikin nama label dan filternya sama, biar mudahin gue,
Jadi misal gue daftar/subscribe ke situs onlineshop, gue pake email tukangsayur007+onlineshop@gmail.com
nah karena gue sudah bikin filter kalo yang email penerimanya
tukangsayur007+onlineshop@gmail.com
jadi itu email otomatis di skip dari inbox dan langsung diarsip ke label onlineshop yang gue pilih.




















***

Label yang gue buat, kalo mau ditiru-tiru :

inboxpenting : (filternya from:(emailtemenlo,emailtemenlo2,emailtemenlo3) )
untuk daftar email-email penting, lo bisa ubah jadi from kalo emailnya banyak bisa lo kasih tanda koma misal (misal, waktu create filter_ kolom fromnya ketik satu persatu emailnya dan dipisah dengan koma, baru klik create filter with this search).
kalo udah ada label ini, trus udah gue buat filternya, untuk notifikasi di hape, bisa di setting cuma nerima notifikasi dari label yang namanya inboxpenting.
btw, untuk skip to archivenya bisa gak usah dicentang aja menurut gue.

personal :   filternya to:(tukangsayur007+personal@gmail.com)
belom kepake sih, maunya buat temen gue yang ngirim email-email dengan attachment gede, jadi gue setting juga kategorinya buat personal.

work: filternya to:(tukangsayur007@googlemail.com)
buat kerjaan gue lah, ntar gue kasih aja email ini kan gmail atau googlemail sama aja.

onlineshop:  filternya to:(tukangsayur007+onlineshop@gmail.com)
siapa tahu ada diskonan haha atau promo gitu.

berita/web/blog: filternya to:(tukangsayur007+langganan@gmail.com)
siapa tahu ada diskonan haha atau promo gitu.

ada banyak sih, tapi kalo misal kita pengen daftar langganan artikel disitus desain, gue pake label desain untuk semua situs desain yang gue ikutin artikelnya, dan biasanya wajib gue bikin skip to archive biar gak menuh-menuhin inbox gue doang. buat dibaca kapan-kapan.


Manfaatnya apa pake email dengan katakunci filter ini?
manfaatnya lo bisa dengan mudah tracking dari mana emailnya berasal, misal lo kasih email yang ada tukangsayur007+khususbudi.com ke temen lo yang namanya budi, trus lo nerima email otomatis itu dari si budi, kalo penerimanya di inbox kamu ada tulisan khususbudi-nya. Atau pas kamu tanya sibudi dia ternyata gak ngirim email ke kamu, nah loh, siapa yang pake email yang ada khususbudinya itu?



Kalo gak mau ribet sih dari awal lo udah make 2 akun, satunya akun pribadi, satunya alias.
yang lo pake di internet semuanya pake akun alias, kalo gue sih biasanya akun yahoomail udah gue jadikan samsak, itu email udah beredar dimana-mana haha.

coba baca artikel lama gue : Nama Asli atau Nama Panggung ?


Bekal !
1. Gmail Help (Advanced Search)
2. Gmail Help ( Using Filters )


*email tukangsayur007@gmail.com bukan email gue, jadi mohon maaf kalo ada kesamaan penulisan, karena email tukangsayur007 yang gue pake di postingan ini tidak ada maksud apa-apa, cuma sebagai contoh gue aja.