Gue gak bosen-bosen ngasi tau temen gue, kalo skill ngetik 10 jari itu penting banget. Belajarnya supaya lancar emang gak semudah membalikkan tangan. Gue udah belajar ngetik 10 jari sejak gue smp, hasilnya gue emang bisa ngetik sepuluh jari, tapi ketika udah urusan sama ngetik angka sumpah gue rasanya pengen ngaduk cor-coran beton. Tapi malah kejadian, gue ngetik skripsi isinya banyakan rumus sama angka doang. kampret bener..! Skill ngetik 10 jari kepake cuma bab pendahuluan doang, sampe bab 3 keatas gue udah mau KO!.

Awalnya sih gue gak tertarik sama sekali pengen bisa ngetik 10 jari, entah kenapa waktu dulu ada yang nyodorin gue software buat belajar ngetik ini. Yep! disodorin tetep aja gue skeptis. males banget dot com. Gue tanya balik akhirnya, emang lo udah bisa? Mendadak gue diusir dari depan komputer gue. Tugas makalah gue entah kenapa jadi cepet banget selesenya, gue sih seneng! hahah *devil on*

Setelah gue cuma melongo ngeliatin dia ngerjain, gue lanjut baca komik! habis itu gue kena gampar! ups..itu imajinasi gue doang. Gue emang perhatiin cara dia ngetik, yang bikin gue takjub, sampe bikin gue bertanya-tanya dalam hati, "kok dia mau ya, ngerjain tugas gue?" haha

Well, habis itu gue cuma bisa iri-dengki doang sama kemampuannya buat ngetik yang super cepet itu. Gue juga pengen bisa! Akhirnya gue buka software yang tadinya disodorin, sebagai rasa terimakasih gue gara-gara tugas makalah gue selese.  Gue buka doang! habis itu muncul berbagai macam bahasa alien, instruksinya pake bahasa inggris segala, kampretos mania! huhah
Enough!! Gue gak ngerti ini software nyuruh apa? Temen gue juga jadi not responding gitu.. gue balik liat kebelakang, eh dianya ngebales gue baca komik.. superrrr sekali!!

Besoknya, gue latihan lagi, dengan modal instruksi temen gue kemaren. Gue pengen nyerah, gue ngerasa hampa banget belajar ginian pake software ini. Apalagi jari-jari tangan gue, baru 10menitan udah kayak robot minta pijet.

Besoknya, gue tetep latihan lagi, gue udah paham letak tangan, dan jari mana yang dipake kalo mencet-mencetnya. tapi tetep aja, jari-jari gue kembali minta pijet bareng robot. hufft, yahh kemajuan buat gue, gue bertahan sejam ngetik-ngetik gak jelas.

Sampe hampir sebulan gue rutin latihan, demi tugas-tugas gue hahah.. perlahan gue mulai mengaplikasikan letak jari-jari gue, mencoba untuk ngetik yang bener sambil ngerjain tugas-tugas gue itu. Bukannya cepet selese malah molornya H-1 tugas dikumpulin. Gue kembali mengingat apa yang dilakuin temen gue kemaren, "kok bisa dia cepet banget?", kok gue gak bisa? Habis itu gue tanyain lagi latihannya dia gimana sih kok bisa cepet. jawabannya satu, cuma rutin latihan. gitu doang. gue speechless! gak dapet rumus jurus kebal! haha

Gak lama setelah itu dia ngenalin gue juga sama game facebook, namanya Typing Maniac, disitu dia nyombong-nyombongin skornya. Akhirnya gue ikutan main, tujuan gue latihan ngetik selanjutnya cuma pengen matahin skornya dia doang. Walaupun perjuangannya panjang, akhirnya gue bisa ngelewatin skornya dia dalam waktu 3 bulanan. hufftt.. habis itu gue stop maenan itu. Setelah itu entah kenapa jadi banyak temen gue juga ikutan main, bahkan skornya bisa ngalahin gue, otomatis gue terpancing untuk kembali maenin trus ngalahin skor lagi. sampai akhirnya gue sadar tujuan utama gue dulunya cuma buat bisa doang, sekarang malah berubah jadi gini, tukang kalahin skor game! Anehnya ada temen gue lagi yang maenan itu, tapi skornya absurd banget, bahkan bisa gue bayangin sendiri ngetiknya kayak gimana pas maenan itu. Pas disekolahan gue tanyain sih, kok bisa nyampe skor 500 ribuan, lo bisa ngetik 10 jari yah? Jawabannya dia merendah banget, dia bilang "gue pake cheat bro!" HELL! ^&#%^&#%!! eh, gue minta dong? tanya gue. Jawaban dia kembali merendah, dia bilang "cheatnya udah gue hapus bro!"  HELL! ^&#%^&#%!! Bilang aja gak mau kesalip skor lo..


TypingManiac Score

****

Bagi lo semua yang pengen latihan, gue rasa cukup dengan konsisten latihan doang, dan pahamin dulu letak jari dan jari mana punya kerjaan mencet. Kalo sekedar pengen nyoba doang sih gue rasa maenin game lebih asik buat belajarnya, selain Typing Maniac ada QWERTY Warriors,


Kalau mau dapet sertifikat gratis langsung sih bisa cobain Sense-lang Typing Resources, Typing-Test, dan belajar online juga bisa kok di Typing.com. Jadi Setelah kita belajar dan ikutan tes gitu, ada beberapa indikator yang nentuin, terutama kecepatan Kata permenit sama akurasi, jadi kalo sering ngetik salah alias typo gitu akurasinya jadi turun. Bahasa juga jadi penentu juga sih, kadang gue aja masih susah dapet akurasi 100% pas ngetik bahasa inggris, kalo pengen belajar ngetik bahasa indonesia agak susah si nyari softwarenya, gue gak tau juga, tapi kalo versi onlinenya bisa lo cobain 10fastfinger dan pilih bahasa indonesia sebelum kamu ngetik.

Skor di 10fastfinger.com


Soal standar rata-rata orang di dunia waktu ngetik sih 40 WPM (Words per Minutes), bahkan kalo pengen diterima kerja dibagian ketik-mengetik diluar sana standar akurasinya 97%  keatas (dalam seratus kata, cuma salah 8, alias typo 8 kali). Lagian gak ada salahnya juga sih belajar ngetik cepet, siapa tahu kecepatan ngetik sama akurasinya bisa lo tempel di resume lo nanti pas pengen cari kerja.






infographic sumber: Ratatype.com



Berdasarkan surveynya ratatype.com, rata-rata kecepatan mengetik cowok lebih tinggi daripada cewek, dan anehnya yang lebih interested belajar ngetik cepet malah banyakan cewek. heran gue.

Yang punya kecepatan ngetik tertinggi didunia emang ada sih, gue lihat video youtubenya ultimatetypingchampionship rata-rata masih 200 kata permenit kebawah, entah itu tangan udah kayak robot gak minta pijet lagi kayaknya, haha




Cheers!
***

Btw, curhat dikit, gue rada nyesel gak ikutan BloggerCampId di Surabaya kemaren, padahal gue ditawarin langsung sama panitia lokalnya, Yahh.. Semoga tahun depan gue bisa ikutan haha
dan gue malah baru tau kalo ada #HariBloggerNasional tanggal 27 Oktober.