prink pethuk batu
@prinkpethuk Batu

Gue habis diajakin mancing pas weekend kemaren, berangkatlah gue jam 8 pagi, disaat itu mata gue masih minta jatah buat istirahat pada teriak-teriak. Gue mancing itu bisa diitung pake jari, seumur-umur mancing beneran itu cuma tiga kali, lainnya mah cuma cari kecebong sama korek-korek parit depan rumah!

Pagi itu gue berangkat berempat, sama pak Andi beserta anak cowoknya yg masi imut! haha. Kita semua habis ngumpul langsung berangkat ke kolam pemancingan yang ada diwilayah Batu, Jatim. Karena gue berangkat dari malang, yah perjalanan begitu nyampe gak gitu capek, ya iyalah deket aja jaraknya! Sampe sana langsung sewa pancing, dan dihadapkan sama tiga empat kolam pancing! biarpun satunya masih kosong.

Disinilah gue bisaa ngerasain mancing beneran lagi! Gue pasang umpannya dan langsung mancing di kolam Combro (apa tombro sih namanya?). Begitu juga dengan rombongan gue tadi, semua langsung fokus pada mancing. Gue sih awalnya rileks, penuh penghayatan gitu mancingnya. Tapi seketika itu semuanya sirna bak ditelan bumi, satu persatu pada dapet ikan! kebahagiaan terpancar dimuka mereka semua! akhirnya sisa gue? perlahan gue mulai skeptis sama pancingan, trus sama umpan, dan kemudian sama posisi gue mancing! Mental gue diuji disini men! Daaamn! Segala pujian mereka tiba didepan muka gue~ gue tetep cool aja, Tunggu aje gue pasti dapet yang paling gede biarpun rada lama!

Gue masih tetep konsisten buat mancing di kolam combro, dan yang lain udah berulang kali dapet disitu malah pindah ke kolam nila. Oke, gue tinggal sendiri di kolam ini, gue bakal buktiiin gue juga bisa dapet! Gue mulai eksperimen sama besarnya umpan di pancingan, trus pindah posisi ketempat temen-temen gue tadi pada dapet! Gak lama gue lemparin umpan untuk yang ke sepuluh kalinya setelah beberapa kali di PHP sama si ikan sialan itu! Ikannya sih nyentuh-nyentuh gitu nge grepe-grepe umpan gue, cuma kok si ikan pada malu-malu kucing gini sama gue! Masak ini ikan satu kolam ada rasa sama gue! Gue tarik eh malah umpan gue udah hilang diembat! Gue makin emosi!

Gue yang sebelumnya udah ngorek-ngorek informasi mulai dari cara pasang umpan, dan mencoba untuk tetap sabar dan mempertahankan posisi. Gak lama gue girang! Pelampung yang ditalinya udah tenggelam, gue biarin deh bentar biar itu ikan khilaf, langsung nelen umpan. dan GUE TARIK!!!
gue teriak sampe semua yang lagi mancing di semua kolam kayaknya denger! haha biarlah. GUE DAPET!!! Nihh.. ikan paling gede! hahaha. Gue cuma mengulangi kata-kata pak Andi didalam hati gue, mancing itu intinya "Nothing to Lose", Kalo udah saatnya dapet ya pasti dapet, kesabaran emang kunci penting dalam mancing-memancing.

Gue tambah optimis untuk melanjutkan serangan pada kolam yang sama! entah apa yang gue rasakan setelah gue dapet ikan pertama gue, perasaan hati gue makin cerah, gue pede akan dapat ikan kedua dan seterusnya. Yap! bener aja, ikan kedua dan ketiga masih dari kolam yang sama gue dapetin dan masih dengan teriak girang gue! Woohooo! YEAH! Lo semua yang tadi ngecengin gue nihhh gue dapett!

Karena dikolam ini gue sendirian, gue mulai ngikut ke kolam nila, dikolam ini ikannya bikin mangkel sendiri! Ikannya orange, trus keliatan semua di permukaan tengah kolam, ketika gue pancing kasih umpan, ini ikan makannya gak ditelen, disentuh-sentuh mesra aja tuh  umpan yang gue kasih! Mungkin ini yah daya tariknya, walaupun itu ikan kelihatan dekat, mudah dipancing tapi malah pas gue mancing agak lama, belum ada juga yang dapet! beda sama kolam pertama tadi, ikannya pada punya jurus naruto semua! gak keliatan kayak ikan-ikan nila k*p*r*t! hush sabaarr!

Akhirnya emang gue gak dapet ikan sama sekali dikolam ini, dan teman-temen gue dapet! gue udah berdoa dari tadi, mengucap bismillah, dan melempar umpan untuk ke sekian-sekian kalinya. Semua pindah ke kolam Lele, disini kejadiannya hampir sama kayak kolam nila. bedanya temen-temen gue pada dapet berkali-kali. OMG~ dosa apa yang telah hambamu ini perbuat! Gue masih aja mencoba rileks dan mengamati pergerakan ikan leele yang pada loncat-loncat! Ini lele punya cita-cita jadi lumba-lumba kayaknya!

Yah cukup sampe disitu, gue cuma dapet ikan combro tiga ketika gue melihat jam, ternyata udah jam 3an sore. Yah udah lah itu ikan-ikan tengkepan udah layak dimasak, Ternyata di dalam pemancingan ini juga ada jasa masak ikannya, komentar gue sih untuk ikan dan sambelnya emang enak banget!
Habis makan, ada ronde kedua untuk mancing lagi, kali ini cuma di kolam lele, gue udah dapet feel supaya bisa dapet! dan terbukti lele pertama sukses gue pancing! Tapi ya cuma satu itu doang sampe akhirnya kita semua pada pulang karena emang udah kesorean!

Banyak yang bisa gue ambil hikmahnya dari aktivitas mancing ini, dan akan selalu gue ingat!