Beberapa hari ini gue lagi nulis banyaaak banget, sampe pulpen gue habis. Akhirnya gue cuma buang-buang tinta pulpen, pas gue lihat lagi apa yang gue tulis, gue cuma melihat kertas kosong yang masih putih, kemana tulisan gue?

Kemana?

Gue puter itu tutup pulpen, gue lihat isi tintanya. yah habis!

Btw, belum lama ini gue gak bikin postingan baru, rasanya gatel banget! tapi boro-boro gue langsung niat bikin postingan blog baru, gue malah buka corel trus tracing-tracing foto gue, udah lama gak bikin sesuatu di corel. Gak langsung jadi sih, gue ngalamin "not responding" windows, trus udah capek-capek hampir selese, eh gak kesave. gak gue terusin duaharian. bete! setelah itu gue mulai terusin lagi, dan gue save secara berkala. Itu salah satu alasan gue pindah ke fedora. Tetep aja gue masih make corel, helloo~ iyaa gue mulai belajar inkscape ntar. Hasilnya gue bisa bikin header baru, rasanya kalo bikinan sendiri itu emang beda.

Trus juga gue browsing-browsing, ketemu duolingo, itu situs dan aplikasinya emang ajaib banget. Gue acungin jempol buat design interface sama experience-nya. Belajar bahasa disitu kayak main game. Gue ngerasa fun! walaupun waktu gue disuruh nge artikan sesuatu, udah gue rasa bener, tetep aja gue salah. menurut gue mengartikan sesuatu dalam bahasa lain itu yang penting inti dari sebuah kalimatnya gue ngerti. tapi kalo diartikan satu-satu. gue jadi males buka kamus! coba ada kamusnya disampingnya kan enak!

Gue juga masih berusaha ngebikin template blog sendiri, tapi malah ujung-ujungnya cuma cari tutorial, trus cari fitur-fitur yang dipengenin, dan setelah itu malah jadi keterusan koleksi tutorial! gara-gara kebanyakan cari bahan kayak gini nih yang bikin gak jadi-jadi. padahal gue cuma pengen bikinnya simpel, dan dibuka di mobile itu jadi keren dan menunya dukung sama touchscreen! Udah sih gue buat baru sampe tag doang yang lengkap :)). trus framework CSS-nya juga masih milih-milihin, sampe font juga gue turutin tuh bedain font judul sama font isi. Modal gue cuma ke situs builtwith, whatfont (ekstension chrome buat liat font), sama inspect element buat ngintipin kode situs orang! siapa tau bisa di tiru dan dimodif dikit! ssstt! Banyak sih yang gue temukan, mulai dari cara nulis css yang bener (pilih pake LESS or SASS, mayoritas artikel malah nyuruh SASS+Grunt), Gue gak ngerti itu apaan awalnya, trus bootstrap, framework yang menerapkan prinsip "mobile-first".
Tuh kan gue dari kemaren cuma omong doang, gak selesai-selesai bikinnya. Yang bikin gue bingung itu malah platform bloggernya, tag kondisionalnya, dan sistem widgetnya. enakan juga pake wordpress, mau dites offline juga bisa pake Xampp, Blogspot? Biarpun kita udah beli template paling oke trus dipake diblog juga ternyata framework shortcodenya juga banyak yang diproteksi! gue taunya habis nyari template bajakan buat gue bedah isinya! haha

Ehm, terakhir, postingan gak jelas ini gausah dibawa serius deh! haha
semoga aja gue kelar bacain the firm-nya john grisham, biar bisa gue review dikit jadi postingan!
enak kan, udah dapet hiburan bacaan! bisa jadi postingan! hahah


Terakhir saran gue! Jangan terlalu banyak makan pedes-pedes! apalagi cap setan atau iblis.
sekian!