Dos mengigatkanku pada saat masih SMP pernah ikut kursus di sekolah tentang Dos,,,lumayan rame sih,,,tapi ga ada tampilan GUI (Graphical User Interface) jadi layarnya hitam smuanya,,,,adanya texy doank....yahh kecewa deh gw belajar...eh ternyata berguna juga uh ngatur gatur lewat CMD (Commant prompt)




Update: Gue benahin dulu deh artikelnya..

Oke sekarang masihkah perintah/command di DOS ini berlaku di tahun 2015? Masih
Gue dulu belajar DOS basicnya cuma disuruh praktek terus. Misalnya kalo mau pindah drive, cari tahu apa yang ada didalam drive ataupun folder, habis itu masuk kefoldernya trus cara bikin file didalamnya sampai cara copy, move,  delete file lewat interface hitam itu.

Sekarang yang masih mengadopsi sistem perintah ini ada di windows dengan commandpromptnya, buat gue powerful, untuk bikin file hidden jadi keliatan semua di windows cukup masuk RUN trus ketik CMD dan masuk ke drive mana yang akan di lihat filenya dan foldernya dengan mengetik huruf drivenya ditambah titikdua trus enter deh. Perintah munculin file dan folder yang kehidden ini cukup ketik attrib -s -h *.* /S /D trus enter deh.

Keterangan:

-s    : Untuk menghilangkan attribut tipe sistem file.
-h   : Untuk menghilangkan attribut tipe hidden file.
* .* : Semua file/folder yang terdapat di Harddisk atau Flashdisk kamu.
/s    : Untuk memproses seluruh folder dan sub folder dan,
/d    : Memproses folder.

Gue gak tahu gimana hubungannya, Latex dan Regex ini dengan DOS, tapi yang gue pahamin latex berguna untuk bikin layout dan ketik rumus, sedangkan regex adalah kepanjangan dari regular expression yang fungsinya gue tahu untuk mendefinisikan sistem pencarian dan berguna untuk programming dan sekedar nyari file doang. Rumit! iya bener gue aja masih belum paham.

Untuk Terminal yang ada di Sistem Operasi Linux hampir bisa dibilang mirip penggunaanya dengan DOS dan CommandPrompt, memang ada perintah/command yang sama tetapi untuk penggunaan terminal dilinux sudah sangat lebih maju.

Oh iya bagi yang mengen nostalgia sama DOS dan lagi baca blog ini, coba deh kamu berkunjung ke cmd.to untuk menggunakan cmd lewat browser/peramban.